Beberapa Gejala Tubuh yang Kekurangan Vitamin


Mencukupi kebutuhan vitamin merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin dengan sendirinya. Jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak terpenuhi maka dapat mengganggu kinerja dan keseimbangan fungsi organ-organ tubuh, sehingga berdampak dengan adanya masalah kesehatan.
gejala tubuh kekurangan vitamin
1.    Mudah Nyeri Pada Tubuh

Sering mengalami rasa nyeri pada bagian tubuh merupakan salah satu gejala tubuh yang kekurangan vitamin C.

2.    Gangguan Kesehatan

Tubuh yang kekurangan vitamin dapat memicu adanya gangguan kesehatan seperti rabun senja, mata katarak, sistem kekebalan tubuh menurun, gangguan infeksi saluran pernapasan dan lain sebagainya.

3.     Muncul Sariawan

Gejala selanjutnya yang menandakan tubuh kekurangan vitamin adalah munculnya sariawan di area bibir, lidah, gusi, bahkan tenggorokan.

4.     Gangguan Pada Syaraf

Tubuh yang kekurangan vitamin E akan mendapatkan gangguan pada syaraf dan otot. Bahkan dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita. 

5.    Sering Anemia

Sering mengalami anemia atau kurang darah merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin B12.

6.     Sulit untuk Tidur

Tanda terakhirnya adalah kesulitan untuk tidur (insomnia) akibat tubuh yang sedang kekurangan vitamin B5.

Sebenarnya tanpa disadari, tubuh akan memberikan tanda-tanda aneh ketika terjadi masalah. Oleh karena itu, untuk mengkonsumsinya perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti sayuran dan buah-buahan. Jika dibiarkan begitu saja, maka gejala tersebut akan menjadi masalah atau penyakit yang lebih serius yang dapat mengancam nyawa manusia. (Baca Juga: Gejala & Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin C)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D