Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh Manusia dan Program Diet

Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh Manusia dan Program Diet

Melihat dari makanan yang kita makan, apalagi dari Negara Indonesia pastilah kita mengerti bahwa hampir semua makanannya mengandung karbohidrat tinggi. Apalagi Indonesia adalah merupakan Negara yang masyarakatnya kebanyakan mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh yang mengandung unsure C, H, dan O. Karbohidrat merupakan kandungan makanan yang banyak dihindari saat melakukan diet ketat, padahal karbohidrat merupakan komponen penting bagi tubuh.

 Karbohidrat Kompleks dan Sederhana

Karbohidrat terdiri atas dua jenis yaitu, karbohidrat komplek dan karbohidrat sederhana. Pertama-tama kita akan membahas tentang karbohidrat komplek, karbohidrat komplek disebut juga dengan polisakarida atau zat pati yang terdiri dari beberapa kombinasi rantai panjang berbagai jenis gula. Karbohidrat secara alami ditemukan pada kentang, ubi, nasi, pisang, jagung, kacang, dan gandum. Sedangkan karbohidrat sederhana terdapat dalam gula, buah, sayuran, madu, minuman ringan, selai dan permen.

Proses Penyerapan dan Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh

Proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat, pertama-tama sistem pencernaan makanan pada tubuh akan memecah karbohidrat menjadi glukosa atau yang disebut dengan gula sederhana. Kemudian glukosa dibawa melalui darah menuju sel-sel tubuh. Hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas akan mengontrol penyerapan glukosa darah ke dalam sel-sel tubuh, dalam proses tersebut glukosa akan dibakar bersama oksigen sehingga menghasilkan energi. Sistem saraf, otot dan otak akan bergantung pada gulkosa sebagai bahan bakar utama untuk menghasilkan energi.

Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh
Otak menggunakan 70% dari glukosa darah yang tersedia. Jika sel-sel dalam otak kekurangan glukosa akibatnya akan berpengaruh terhadap kemampuan mental. Otot-otot juga dikendalikan oleh otak yang akan menimbulkan rasa lemah dan gemetar. Begitu pula dengan sistem saraf juga akan terganggu karena mudah lelah, lesu dan lamban bereaksi. Kondisi dimana tubuh kekurangan glukosa disebut dengan hypoglycemia.

Jika tubuh mengalami kelebihan glukosa, tubuh akan mengubah kelebihan tersebut menjadi bentuk lain yang disebut dengan glikogen, yang akan disimpan dia dalam hati dan jaringan otot. Tubuh akan menyimpan glikogen sekitar 400 gram 1/3 di dalam hati dan 2/3 di dalam otot. Apabila tubuh membutuhkan energi lebih banyak, hormon glukagon yang disekresi oleh pankreas akan mengubah kembali glikogen menjadi glukosa yang akan dilepaskan ke dalam aliran darah untuk digunakan sel-sel tubuh.

Karbohidrat merupakan salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh. Jika sudah mengetahui pentingnya karbohidrat untuk tubuh. Anda tak perlu lagi menghindari makan makanan yang mengandung karbohidrat komplek maupun karbohidrat sederhana untuk melancarkan proses diet Anda. Hanya saja mungkin cukup mengurangi kebutuhan karbohidrat sewajarnya saja. Semoga artikel yang berjudul manfaat karbohidrat bagi tubuh manusia dan program diet ini berguna !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D