Manfaat Sarang Semut bagi Kesehatan Tubuh



Sarang semut merupakan tumbuhan epifit yang digunakan semut sebagai sarangnya, biasanya sarang semut ini berbentuk bongkahan pada batang pohon. Terkadang sarang semut sering dihinggapi oleh binatang lainnya seperti kalajengking dan serangga lain yang hidup di tanah.

Namun siapa sangka, bahwa sarang semut menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Oleh karena itu tak heran jika sarang semut menjadi semakin dicari  dan banyak dikonsumsi oleh para produsen obat-obatan tradisional hingga para konsumen obat-obatan tradisional.

manfaat sarang semut
1.    Mengobati Penyakit Jantung

Kandungan kalsium, kalium dan mineral di dalamnya berguna untuk mengatasi keluhan pada jantung seperti penyakit jantung koroner.

2.    Menangani Penyakit Kanker

Kandungan flavonoid di dalam sarang semut berguna secara efektif untuk memerangi berbagai macam penyakit kanker dan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

3.    Mengobati Ambeien

Selain berguna untuk menangani penyakit kanker, kandungan flavonoid dan tannin mempunyai kemampuan untuk mencegah dan mengatasi penyakit wasir dan ambeien.

4.    Melancarkan Haid

Kandungan mineral, kalsium, flavonoid, dan tannin bermanfaat untuk melancarkan menstruasi dan mengobati masalah keputihan.

5.    Mengobati Gejala Rematik

Kandungan zat enzim xanthine, antioksidan dan tokferol berguna untuk mengobati rematik serta gejalanya.

Manfaat dan  khasiat memang sangat banyak sehingga baik digunakan untuk mengobati keluhan penyakit dan mengatasi masalah kesehatan. Namun, konsumen tetap dituntut untuk memilih produk yang asli dari penjual terpecaya karena banyak produk palsu yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. (Baca Juga: Manfaat Senyawa Flavonoid untuk Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D