Khasiat Daun Pandan Wangi bagi Kesehatan Tubuh

manfaat daun pandan wangiSejak jaman dahulu daun pandan wangi sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia dan telah digunakan sebagai pengharum serta pewarna alami untuk pembuatan es campur dan aneka olahan kue basah. Sesuai dengan namanya, daun ini mempunyai aroma yang khas dan harum sehingga banyak dimanfaatkan untuk salah satu bahan kuliner nusantara.

Namun, siapa sangka daun ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh karena berperan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sudah terbukti ampuh. Pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan tubuh.

1. Mengobati Rematik

Rematik merupakan salah satu kondisi dimana persendian dan otot terasa sakit dan nyeri, kondisi tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Daun pandan wangi dipercaya dapat mengurangi dan mengobati rematik dengan  membuatnya menjadi minyak gosok, caranya cukup dengan mengambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci hingga bersih kemudian iris menjadi bagian kecil-kecil, lalu seduhlah dengan secangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan, campurkan semua bahan tersebut dengan mengaduknya hingga rata, gunakanlah sebagai minyak gosok untuk dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Mengatasi Insomnia

Gangguan sulit untuk tidur atau yang disebut dengan insomnia biasa terjadi apabila seseorang mengalami banyak masalah sehingga mengalami stres karena banyak pikiran. Bagi pembaca yang mengalami hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan daun pandan wangi sebagai ramuan herbal, pertama-tama siapkan 2 lembar daun pandan wangi yang telah dicuci bersih, potong kecil-kecil, kemudian seduhlah dengan segelas air panas, setelah airnya hangat saring dan ambil airnya untuk diminum.

3. Menambah Nafsu Makan

Berkurangnya nafsu makan biasanya sering dialami oleh anak-anak, namun ada juga orang dewasa yang mengalami masalah ini ketika mengalami banyak masalah. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan daun pandan wangi sebagai ramuan herbal penambah nafsu makan, caranya cukup mudah yaitu, siapkan 2 lembar daun pandan wangi yang telah dicuci bersih, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa satu gelas, saat masih hangat saring airnya lalu tambahkan madu secukupnya, dan barulah ramuan siap untuk diminum.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan dan konsumsilah dua kali dalam sehari. Penting juga untuk tidak menggunakannya secara berlebihan untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan. (Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D