9 Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat daun kemangiIndonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan alam luar biasa, hal tersebut yang membuat tanah air kita ini memiliki banyak sajian kuliner khas dan terkenal hingga ke mancanegara. Sebagian besar kulinernya menggunakan sambal untuk komponen utamanya, selain itu menu makanan bersambalnya identik dengan adanya aneka sayuran yang digunakan sebagai lalapan.

Daun kemangi merupakan salah satu lalapan yang bisa dikonsumsi secara mentah setelah dicuci hingga bersih. Daun tersebut memiliki aroma dan rasa yang khas sehingga banyak digunakan untuk pelengkap beberapa sajian kuliner nusantara. Di sisi lain, daun kemangi juga mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Makan Daun Kemangi bagi Tubuh


1. Menjaga Kesehatan Otak
Kandungan senyawa baik di dalamnya berguna untuk mempertajam daya ingat. Selain itu, kandungan senyawanya sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat tinggi yang dimiliki bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan organ pencernaan dan dapat mencegah sembelit.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Antioksidan di dalamnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi sel-sel darah putih.

4. Meringankan Sakit Kepala
Tumbukan daun kemangi yang dicampur dengan daun cendana berguna untuk meringankan sakit kepala dengan cara mengkompreskan bahan-bahan tersebut pada kepala yang terasa sakit. 

5. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A di dalamnya sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata, mengatasi gangguan pada mata serta dapat menajamkan penglihatan. 

6. Mengobati Batuk
Daun ini mempunyai manfaat untuk membantu memobilisasi lendir sehingga dapat mengobati batuk dan dapat mencegah penyakit asma.  Selain itu, para ahli juga banyak menggunakan ekstra kemangi sebagai komponen obat batuk ekspektoran dan ayurvedic. 

7. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Daun kemangi yang sudah direbus dan telah diambil airnya dapat dijadikan sebagai obat kumur untuk mengatasi masalah sakit pada tenggorokan. 

8. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Daun kemangi yang direbus dengan jahe dan dicampur dengan madu berkhasiat untuk mengatasi masalah gangguan pernapasan seperti flu, asma dan penyakit bronkitis. Namun, bagi yang tidak menyukai jahe, sebaiknya gantilah menggunakan cengkeh yang dicampur dengan sedikit garam.

9. Menutrisi Kulit
Kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimiliki berguna untuk menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah alami, halus dan kencang.

Siapa yang menduga di dalam daunnya yang memiliki lebar dan ukuran kecil ternyata mempunyai manfaat besar yang berguna bagi kesehatan tubuh. Jadi, apa masih ragu untuk mengkonsumsinya? Dan jangan lupa untuk menyempatkan membaca: Khasiat Daun Binahong
Advertisement

Artikel Lainnya :-D