Kandungan & Manfaat Susu Kerbau untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kerbau
Susu merupakan minuman yang kaya akan nutrisi dan gizi bagi tubuh, terutama tingginya kandungan kalsium dalam susu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Pada umumnya susu yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang adalah susu sapi, termasuk juga orang Indonesia yang lebih familiar dengan susu sapi. Padahal susu tidak hanya dapat diperoleh dari binatang sapi saja. Tetapi dapat pula berasal dari binatang lainnya, seperti kerbau.
Bagi masyarakat Indonesia sebagian orang masih asing dengan susu kerbau. Namun, ada pula yang telah mengkonsumsi susu kerbau untuk kesehatan. Di India, susu kerbau sudah diolah menjadi beberapa macam olahan yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Seperti keju, yogurt dan olahan lainnya.

Susu kerbau juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Lalu, manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi susu kerbau bagi tubuh? Berikut ini adalah manfaatnya!
  • Tinggi Protein
Susu kerbau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi di dalamnya. Ditambah lagi kandungan sembilan asam amino yang cocok untuk orang yang sudah lanjut usia. Dalam satu cangkir susu kerbau didapatkan 8,5 gram kandungan protein. Manfaat dari mengkonsumsi susu kerbau adalah dapat melindungi dan menjaga kesehatan otot di usia tua maupun muda.
  • Tinggi Mineral
Beberapa macam mineral dapat ditemukan di dalam susu kerbau, seperti kandungan kalsium yang tinggi, magnesium, fosfor dan potasium. Sehingga membuat susu kerbau dapat bermanfaat menjaga kesehatan tulang keropos atau osteoporosis. Selain itu, terdapat pula kandungan zat besi yang berguna mencegah tekanan darah tinggi, anemia dan memperbaiki fungsi otot.
  • Tinggi Vitamin
Dengan mengkonsumsi susu kerbau dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan dalam susu kerbau terdapat kandungan vitamin B12 dan riboflavin. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan metabolisme, kandungan vitamin C yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin B6, thiamin, asam folat dan niacin.
  • Rendah Kolesterol
Dibandingkan dengan jenis susu lainnya, susu kerbau memiliki kandungan kolesterol yang cukup sedikit. Sehingga aman bagi penderita diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, susu kerbau juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. 
  • Tinggi Lemak
Bagi yang menginginkan tubuh berisi dan berat badan naik, cobalah mengkonsumsi susu kerbau setiap hari. Sebab, kandungan lemak di dalam susu kerbau lebih tinggi daripada susu sapi. Sehingga baik untuk program penambah berat badan dan dapat meningkatkan masa otot.

Namun, kandungan lemak yang tinggi ini tidak cocok bagi yang sedang menjalankan program diet. Dan juga dapat mengakibatkan obesitas apabila dikonsumsi secara berlebihan dan beberapa macam gangguan kesehatan lainnya.

Jadi, susu kerbau juga memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti susu sapi. Namun, apa salahnya untuk mencoba susu kerbau bagi yang belum pernah mencoba susu ini. Selamat mencoba! (Baca Juga: Manfaat Minum Yoghurt Cimory )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D