Usia Wanita Haid Pertama Kali Pengaruhi Kesehatan?

Sesuai kodrat yang diberikan oleh Tuhan, semua wanita usia produktif akan mengalami siklus menstruasi. Kondisi tersebut menandakan bahwa mereka telah masuk dalam usia produktif. Namun setiap wanita tidak mendapatkan menstruasi pertamanya dengan usia yang sama karena ada yang sudah mendapatkannya dari usia 10 tahun, dan ada pula yang baru mendapatkannya saat berusia 17 tahun. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor genetik atau hormon yang tidak seimbang.

Sebagian besar wanita memang tidak terlalu peduli di usia berapa mereka mendapatkan menstruasi pertamanya. Wanita yang mendapatkannya di usia terlalu muda umumnya akan merasa malu karena mereka lebih cepat matang jika dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Sedangkan mereka yang mendapatkannya di usia dewasa cenderung akan merasa khawatir dengan perkembangan dirinya yang begitu lamban.

Namun, faktanya tidaklah sesederhana itu karena usia saat mendapatkan menstruasi pertama dapat menjadikan tolok ukur untuk memprediksi kondisi kesehatan di masa mendatang. Sebuah penelitian di Inggris mengungkap bahwa tinggi rendahnya seorang wanita terkena penyakit serius seperti, jantung dan stroke dapat dipengaruhi oleh siklus menstruasi pertamanya. 

Usia wanita haid pertama kali pengaruhi kesehatan?
Image Source: commons.wikimedia.org
Penelitian dari University of Oxford tersebut juga telah melakukan analisa data kesehatan 1 juta wanita berusia 50-64 tahun di Inggris. Hasil analisa tersebut sungguh mengejutkan, karena wanita yang mengalami menstruasi pertama sebelum berusia 10 tahun. Dan wanita yang baru mengalaminya dengan usia lebih dari 17 tahun beresiko terkena penyakit hipertensi, serangan jantung dan stroke di masa tuanya.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh adanya kasus-kasus obesitas banyak terjadi pada remaja wanita yang mendapatkan menstruasi pertamanya pada usia terlalu muda dan terlalu tua.  Sementara itu bagi mereka yang mendapatkannya pada usia 13 tahun memiliki resiko paling rendah untuk terkena penyakit jantung. 

Bagi pembaca yang mengalami menstruasi pertamanya pada usia di bawah 10 tahun dan di atas 17 tahun janganlah terlalu khawatir karena usia bukanlah salah satu faktor  pemicu adanya gangguan kesehatan seperti hipertensi, serangan jantung dan stroke. Faktor utama yang dapat memicu dipengaruhi oleh gaya hidup, genetik dan berat badan.

Jadikanlah informasi ini sebagai peringatan untuk tetap menjalankan kebiasaan atau gaya hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengurangi makan  makanan yang berlemak, berolahraga dan beristirahat dengan cukup. Penting! Baca juga: Gejala & Ciri-ciri Kanker Ovarium
Advertisement

Artikel Lainnya :-D