Beberapa Penyebab Masalah Bau Mulut


Meskipun bau mulut bukan termasuk masalah yang serius, namun hal ini dapat menjadi masalah besar karena akan membuat orang tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Pada umumnya, sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa penyebab bau mulut hanya disebabkan karena adanya infeksi gusi dan radang tenggorokan. Padahal, ada faktor lain penyebab bau mulut yang wajib untuk diketahui.

penyebab bau mulut
 
1.    Melewatkan sarapan

Sarapan bagi dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut yang akan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.

2.    Masalah pada liver

Ketika terjadi kerusakan pada hati, kemampuannya untuk mengatur metabolisme tubuh dan lemak akan semakin menurun. Hal tersebut yang dapat akan memicu adanya peningkatan jumlah bakteri di dalam mulut.

3.    Pemakaian obat kumur

Tidak semua obat kumur dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut karena ada beberapa jenis obat kumur yang akan membuat mulut menjadi kering sehingga bakteri mudah untuk berkembang. Sesaat setelah menggunakan obat kumur memang terasa segar, namun lama-kelamaan mulut akan terasa kering dan pada akhirnya akan memicu bau tidak sedap.

4.    Konsumsi obat-obatan

Setelah mengkonsumsi obat-obatan, mulut akan menjadi kering dan terasa air. Hal tersebut akan membuat produksi air liur menjadi menurun dan menimbulkan bau tidak sedap.

5.    Mendengkur

Apnea atau tidur mendengkur, mengalami proses pernapasan melalui mulut sehingga air liur menjadi cepat kering dan membuat bakteri penyebab bau mulut terus berkembang.

6.    Makanan manis

Jika terkontaminasi dengan gula, bakteri di dalam mulut akan mengeluarkan zat sulfur dengan aroma yang tidak sedap.

7.    Minuman yang mengandung alkohol dan kafein

Setelah mengkonsumsi minuman beralkohol dan berkafein, produksi air liur menjadi berkurang dan menyebabkan mulut kering sehingga mengakibatkan terjadinya bau mulut.

8.    Daging merah

Setelah mengkonsumsi daging merah, segeralah sikat gigi karena akan menimbulkan bau yang tidak sebab apalagi saat sisa-sisa daging menyangkut pada gigi berlubang.

Hal utama yang harus dilakukan supaya tidak terjadi masalah bau mulut adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D