Kesalahan yang Terjadi Saat Berlatih Yoga di Rumah

Pada zaman sekarang olahraga yoga mulai digandrungi oleh masyarakat luas, hingga kalangan selebriti. Yoga merupakan olahraga yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan bermanfaat untuk menghilangkan rasa stres. Namun, untuk melakukan gerakan yoga ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukannya.
Kesalahan yang terjadi saat berlatih yoga di rumah
Image Source: pixabay.com

1. Jangan lakukan yoga saat perut kenyang

Melakukan gerakan yoga dengan perut kosong lebih baik dibandingkan saat melakukan dengan keadaan kekenyangan. Hal tersebut disebabkan karena melakukan gerakan yoga saat perut kenyang akan sulit untuk melakukan gerakan-gerakan tentu serta akan membuat rasa tidak nyaman. Sebaiknya, berilah sekitar 2 jam setelah makan jika ingin berlatih yoga.

2. Fokus pada pernapasan

Ketika melakukan gerakan, pastikan bahwa dapat mengatur pernapasan dengan baik karena jika menahan nafas pada pose tertentu akan membuat otot-otot tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk menahan berat badan sehingga membuat tubuh kehilangan keseimbangan.

3. Berlatih terlalu kuat

Olahraga yoga terdiri dari beragam gerakan berdasarkan tingkatannya, mulai dari yang mudah hingga yang rumit untuk dilakukan. Jika merasa kesulitan untuk melakukan sebuah pose, sebaiknya segera dihentikan karena apabila terlalu dipaksa tubuh akan mengalami cedera.

4. Melewatkan pose – pose dasar

Berlatih gerakan yoga harus diawali dengan melakukan pose dasarnya terlebih dahulu karena harus dilakukan secara bertahap agar tubuh menjadi seimbang dan fleksibel.

5. Pikiran tidak fokus

Selanjutnya, hal yang menjadi faktor penting ketika melakukan yoga adalah memfokuskan pikiran agar mendapatkan manfaat berlatih yoga secara maksimal.

6. Salah gerakan ketika melakukan yoga

Melakukan kesalahan gerakan saat berlatih yoga akan membahayakan tubuh. Oleh karena itu, para pemula disarankan untuk selalu didampingi seorang instruktur yoga agar terhindar dari kesalahan fatal yang menyebabkan cedera.

7. Melewatkan sesi pendinginan

Setelah melakukan yoga, jangan buru-buru meninggalkan tempat latihan karena masih ada sesi pendinginan. Setelah melakukan peregangan otot, sesi pendinginan berfungsi untuk mencegah terjadinya nyeri otot, meningkatkan fleksibilitas dan membantu menurunkan tekanan darah.

Setelah mengetahui informasi ini, diharapkan agar berlatih yoga dengan cara yang benar sehingga akan mendapatkan hasil maksimal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Baca Juga: Bahaya Memegang Kucing bagi Ibu Hamil)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D