Gejala & Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu asupan penting yang diperlukan oleh tubuh, hal tersebut disebabkan karena vitamin ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin C berperan untuk membantu pertumbuhan sel yang baik, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan tulang, dan dapat mempromosikan fungsi sistem peredaran darah.
Gejala & ciri-ciri tubuh kekurangan vitamin C
Image Source: pixabay.com
Kekurangan vitamin C merupakan salah satu masalah yang serius, oleh karena itu penting untuk mengetahui gejalanya sejak dini supaya bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Kasus ini sering dialami oleh sebagian besar masyarakat modern yang kurang memperhatikan pola hidup serta kebiasaan yang mereka lakukan setiap harinya, dan kebanyakan dari mereka cenderung menyepelekan makanan yang mereka konsumsi setiap harinya.

Pada kesempatan kali ini akan diuraikan mengenai gejala tubuh yang kekurangan vitamin C serta penanganan yang tepat untuk mengatasinya, berikut penjelasannya !

1. Mudah Lelah

Gejala seseorang yang kekurangan vitamin C cenderung menjadi mudah lelah karena mengalami penurunan energi. 

2. Perubahan Suasana Hati

Seseorang yang kekurangan vitamin C dapat mengalami perubahan suasana hati sehingga menjadi mudah marah dan lebih sensitif dari sebelumnya. 

3. Penurunan Berat Badan

Kemungkinan seseorang yang kekurangan vitamin C akan mengalami penurunan berat badan secara mendadak.

4. Nyeri Otot

Rasa nyeri kronis di bagian persendian merupakan salah satu gejala yang menandakan bahwa seseorang kekurangan vitamin C.

5. Mudah Memar

Adanya memar yang berlebihan merupakan salah satu tanda kimia yang menyatakan bahwa tubuh membutuhkan kandungan vitamin C yang lebih banyak.

6. Kondisi Gusi dan Gigi

Adanya dosis harian vitamin C yang cukup akan berdampak baik bagi kesehatan gusi dan gigi. Kondisi gusi dan gigi yang tidak sehat merupakan salah satu gejala bahwa tubuh kekurangan vitamin C.

7. Kulit dan Rambut Kering

Perubahan kulit dan rambut kering juga dapat menandakan bahwa tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin C.

8. Mudah Terinfeksi

Tubuh yang kekurangan vitamin C akan mudah mengalami infeksi karena hal ini berhubungan pada sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Tubuh yang kekurangan vitamin C bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan sumber vitamin C, seperti jeruk dan tomat. Selain itu, juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C. (Baca Juga: Fungsi Setiap Jenis Vitamin A, B, C, D, E dan K )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D