Bahaya Makan Malam Terlalu Larut / Sebelum Tidur

Seperti kita tahu, makan merupakan kebiasaan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Coba bayangkan apabila sekali saja kita tidak makan pada suatu waktu. Selain muncul rasa lapar, tubuh pun merasa lebih lemas. Terlebih, apalagi bila bagi penderita penyakit tertentu seperti maag. Bisa-bisa menunda waktu makan akan membuat maagnya kambuh lagi.

Namun apakah Anda tahu, ternyata makan malam di waktu yang lebih larut, atau diatas pukul 21.00 malam, nyatanya kurang baik lho bagi kesehatan? Mau tahu lebih lanjut? ini dia beberapa efek negatifnya:

  • Mengganggu Waktu Istirahat Malam

Ketika makan menjelang tidur, sistem pencernaan pun bakal bekerja lebih keras guna mencerna makanan. Akibatnya akan mempengaruhi irama sirkadian atau yang sering disebut siklus tidur. Apabila hal demikian terjadi, maka kualitas tidur pun bisa menurun.

Bagaimanapun istirahat merupakan kebutuhan penting bagi tubuh dalam menunjang kesehatan. Ketidaksesuaian waktu tidur dan kurangnya kualitas ketika tidur malam kemungkinan dapat memicu masalah saat beraktivitas esok harinya.

  • Menambah Berat Badan

makan malam
Pada umumnya, orang akan lebih banyak makan saat malam hari. Alasannya karena terlalu penat tubuh setelah seharian bekerja. Setelah makan malam, maka seseorang akan cenderung beristirahat.

Sudah tentu hal ini berkemungkinan membuat kalori tidak sempat terbakar dalam tubuh. Hasilnya, kalori yang tak terbakar ini nantinya diubah jadi trigliserda di dalam tubuh. Kemudian akan mampu memicu peningkatan kadar lemah. Bahkan, bisa memicu obesitas dan masalah kesehatan lainnya bila dilakukan terlalu sering.

  • Muncul Gangguan dalam Sistem pencernaan

Apabila jam makan tepat sebelum tidur, atau mendekati waktu tidur, maka seseorang kemungkinan besar langsung mengantuk. Nah, beberapa kasus terjadi masalah tidak nyaman, atau bahkan perut kembung apabila seseorang makan langsung tidur. Jelas ini merupakan salah satu diantara jenis masalah dalam sistem pencernaan.


Bagaimana sudah tau kan sekarang beberapa efek negatif dari makan pada waktu yang terlalu malam menjelang tidur? Oleh karena itu, yuk mulai sekarang biasakan menjalani pola hidup sehat. Satu diantaranya adalah dengan menjaga waktu makan pada moment yang tepat. Oh ya jangan lupa juga untuk senantiasa mengkonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup. (Baca Juga: 5 Jenis Camilan yang Baik Dimakan Saat Malam )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D