Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang berasal dari buah zaitun dan dikenal juga dengan nama olive oil. Minyak ini termasuk minyak yang sehat, sebab kandungannya yang baik bagi kesehatan. Minyak zaitun tinggi akan kandungan lemak sehat atau tak jenuh di dalamnya. Minyak zaitun biasanya juga dijadikan sebagai bahan campuran kosmetik atau obat, ada juga yang digunakan untuk memasak makanan.


Khasiat & Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Zaitun


Minyak zaitun memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Nah, apa saja manfaat yang didapat saat menggunakan minyak zaitun? Simak jawabannya berikut ini!

  • Menyehatkan Jantung
Minyak zaitun dapat membuat jantung tetap terjaga kesehatannya. Sebab kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam minyak zaitun yang dapat mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkat kadar kolesterol baik. sehingga membuat jantung akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit jantung.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah
Minyak zaitun sangat baik bagi penderita diabetes. Sebab, minyak zaitun dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Menurunnya kadar gula darah dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

  • Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun yang tinggi dapat mencegah timbulnya sel kanker dan tumor dalam tubuh dengan cara menangkal radikal bebas sebagai pemicunya. Antioksidan jenis hidroksitirosol inilah yang akan membantu tubuh mengontrol kadar gula agar teta seimbang, sehingga dapat mencegah perkembangan sel abnormal penyebab kanker. Antioksidan dalam minyak zaitun juga dapat mencegah penuaan dini dan mengeluarkan toksin dalam tubuh.

  •  Menyehatkan Sistem Pencernaan
Minyak zaitun mengandung senyawa oleuropein aglikon yang bermanfaat menjaga kesehatan usus. Senyawa tersebut berperan menjaga agar suplai darah menuju usus tidak terhenti dan supaya terhindar dari kerusakan pada usus. Sehingga membuat pencernaan menjadi lancar.

  • Mencegah Osteoporosis
Agar terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang dan nyeri sendi, konsumsi minyak zaitun. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mempunyai kandungan prostaglandin. Nah, senyawa inilah yang dapat menyehatkan tulang.

Nah, demikian tadi manfaat minyak zaitun bagi kesehatan, salah satunya dapat menyehatkan jantung. Jadi, minyak zaitun merupakan minyak sehat yang kaya akan manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain diolah menjadi minyak, buah zaitun juga dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi acar. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D