Khasiat dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun kelorDaun kelor merupakan tanaman yang berasal dari suku Moringanceae, dengan nama latin Moringa Oleifera. Biasanya tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah yang mempunyai cukup air dengan ketinggian sekitar 300-900 meter, tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai 8 meter dan mempunyai daun berbentuk bulat telur.

Sebagian besar masyarakat tentunya pernah mendengar ungkapan bahwa, “Dunia tak selebar daun kelor” hal tersebut memang benar adanya karena tanaman ini mempunyai ukuran daun yang kecil namun di balik ukurannya yang kecil, daun ini mempunyai segudang manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.  

Selain dikonsumsi untuk sayuran, daun ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi tinggi seperti, vitamin A, vitamin C dan kandungan potassium, semua kandungan di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tubuh serta berguna untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu.

1. Mengatasi Diabetes

Daun ini dapat dijadikan sebagai insulin alami yang berguna untuk mengatasi dan mencegah resiko terkena diabetes dengan cara mengurangi kandungan kadar gula di dalam darah.

2. Mencegah Kanker

Kandungan sumber antioksidan tinggi yang terdapat di dalamnya mengandung banyak potassium sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

3. Mengobati Rematik

Daun kelor mempunyai sifat diuretik alami yang berguna untuk mengurangi rasa sakit di persendian serta dapat mengurangi penumpukan asam urat sehingga daun ini bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi penyakit rematik dan asam urat. 

4. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan mata, mengkonsumsi rebusan daun kelor berguna untuk menyembuhkan penyakit mata dengan cara dibasuhkan pada bagian mata yang sakit setiap hari hingga sembuh.

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimiliki berguna untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit wajah nampak lebih kencang dan halus.

Menurut para ahli, daun kelor yang dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengkonsumsinya karena cara ini aman untuk diterapkan dan tidak menimbulkan efek samping. (Baca Juga: Manfaat Daun Mint bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D