Khasiat Daun Mint untuk Kecantikan dan Kesehatan

Daun mint merupakan tanaman yang memiliki aroma menyegarkan, tanaman ini juga dikenal dengan nama Mintha Spacata. Tanaman ini mempunyai aroma dan rasa sesuai dengan namanya sehingga banyak orang yang memanfaatkannya sebagai bahan pelengkap rasa dan campuran pada makanan dan minuman. 

Khasiat daun mint
Menurut sejarahnya, daun mint sudah banyak dibudidayakan sejak lama di daerah Eropa, India dan Timur Tengah yang kemudian telah dikenal dan berkembang di seluruh dunia. Sejak jaman dahulu tanaman ini sudah dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk ekstrak atau minyak.

Apa Manfaat Sehat Daun Mint ?

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Efek anastesia di dalamnya memiliki kemampuan untuk memperlancar sistem pencernaan dan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan senyawa lainnya berguna untuk proses penyembuhan dengan cara mencegah pembentukan gas berlebih di dalam perut.

2. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Aroma mentol yang dimiliki terbukti ampuh untuk membuka saluran pernapasan pada masalah hidung tersumbat. Sifat anti-inflamasinya berguna untuk melonggarkan terjadinya kontraksi bronkus yang berfungsi membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat. Semua itulah yang menjadikan alasan mengapa aroma mentolnya bermanfaat untuk bahan umum mengobati penyakit flu.

3. Mengurangi Resiko Terkena Alergi
Sifat alami yang dimiliki mampu mencegah dan mengilangkan pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam tubuh sehingga dapat mengurangi resiko terkena alergi.

4. Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan mempunyai kemampuan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Selain itu, kandungan senyawa baik lainnya mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

5. Mengatasi Bau Mulut
Aroma dan rasa yang sangat menyegarkan berguna untuk meringankan nafas yang tidak sedap. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi daun mint menjadi teh karena sangat efektif untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Selain itu, daun mint berfungsi untuk merangsang produksi air liur dan dapat menjaga mulut agar tetap lembab.

6. Menyegarkan Kulit Kepala
Manfaat mentol di dalamnya banyak digunakan produsen shampoo sebagai bahan dasar produk yang mereka kembangkan. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa daun mint juga berfungsi untuk menyegarkan kulit kepala yang bermanfaat untuk mencegah iritasi.

7. Memperbaiki Kulit
Kandungan vitamin A di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan dan memperkuat jaringan kulit. Di sisi lain, juga terdapat kandungan asam salisilat yang mempunyai kemampuan untuk mencegah timbulnya sel kulit mati serta dapat mencegah terjadinya penyumbatan di dalam kulit sehingga dapat mengatasi kulit kasar karena iritasi dan dapat mencegah munculnya jerawat. 

Semua khasiat tersebut bisa didapatkan secara optimal apabila menggunakannya dengan kadar yang semestinya. Sebelumnya, Anda juga sebaiknya membaca: Manfaat Daun Gingseng Jawa
Advertisement

Artikel Lainnya :-D