Cara Mengatasi Kapalan di Kulit Tangan & Kaki secara Alami

cara mengatasi kapalan
Kapalan merupakan masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang khususnya bagi mereka yang sering melakukan aktivitas yang melelahkan seperti mengendarai motor, melakukan latihan fisik, mengangkat beban berat dan lain sebagainya. 

Di dunia medis kepalan disebut dengan Cullus yang merupakan penebalan pada bagian kulit, kondisi ini biasanya banyak menyerang pada bagian tangan dan telapak kaki akibat terlalu banyak terjadi penekanan atau pengesekkan secara terus-menerus dan berulang-ulang sehingga menimbulkan penebalan kulit.

Kondisi ini tidak akan membahayakan apabila dialami oleh orang yang sehat walaupun terkadang kapalan dapat menimbulkan rasa nyeri. Namun, bagi orang yang menderita penyakit diabetes mellitus (kencing manis), kapalan harus segera dihilangkan karena akan memberikan resiko adanya komplikasi yang dapat menimbulkan luka atau borok. Untuk orang yang menderita penyakit ini, dianjurkan untuk mengatasi kapalan di bagian kulit tubuh dengan rekomendasi dan penanganan dari dokter. 

Cara terbaik untuk mengatasi kapalan adalah dengan menghindari kapalan, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan membatasi aktivitas yang dapat memicu penebalan kulit seperti membatasi mengendarai motor, membatasi penggunaan sepatu setiap hari dan lain sebagainya. Namun, bagaimana cara mengatasi kapalan apabila sudah terlanjur muncul?

1.  Rendamlah kaki / tangan yang terkena kapalan dengan air hangat setelah mandi, diamkan sekitar 20 menit kemudian gosoklah area kapalan dengan menggunakan batu apung.

2.   Jangan memotong kapalan menggunakan gunting atau pisau untuk menghindari infeksi karena alat-alat yang belum seteril.

3.   Pakailah pelembap pada bagian kaki / tangan secara rutin sebelum melakukan aktivitas yang akan menimbulkan tekanan dan gesekan.

4.  Oleskan cairan yang mengandung asam salisilat atau callusol secukupnya menggunakan kain kasa, lakukan hal ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari setelah mandi.

Namun, cara ini tidak berlaku untuk kondisi kapalan yang meradang dan membengkak sehingga timbul rasa sakit yang tak tertahankan. Sebaiknya, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. 

Mempunyai kulit mulus dan sempurna merupakan dambaan semua orang khususnya bagi mereka yang selalu memperhatikan penampilan, untuk itu menjaga kesehatan dan keindahan kulit merupakan hal yang penting agar terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kapalan serta gangguan kulit lainnya. (Baca Juga: Cara Tradisional Mengobati Kutu Air di Kaki)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D