Cara Menghilangkan Bau Kaki Saat Memakai Sepatu Secara Alami

Tips Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Saat Memakai Kaos Kaki & Sepatu


Masalah bau kaki pasti pernah dialami oleh setiap orang. Bau kaki dapat terjadi ketika menggunakan sepatu kaki dalam keadaan lembab atau basah, otomatis sepatu dan kaos kaki yang dipakai juga ikut basah dan lembab. Bisa juga karena memakai sepatu tersebut belum sepenuhnya kering, apalagi pada saat musim penghujan. 


Ketika melepas sepatu akan timbul bau yang tidak sedap menyengat pada kaki dan apalagi di dalam ruangan yang dapat mengganggu banyak orang serta membuat malu. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang mudah tumbuh pada sepatu atau kaos kaki yang lembab, sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu, kondisi kaki atau sepatu yang basah dan lembab tersebut dapat menyebabkan kutu air. 


Cara Mengatasi Bau Kaki Secara Alami Saat Memakai Sepatu & Kaos Kaki 


Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki yang tidak sedap secara alami, seperti tips berikut ini.



  • Sabun Antibakteri 

Apabila kaki sudah terlanjur basah dan mengalami bau kaki, gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan dan membasuh kaki. Sebab, sabun antibakteri dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki dan sisa keringat yang masih menempel pada kaki. 



  • Jeruk Lemon

Untuk mengatasi bau kaki yang menyengat dapat menggunakan perasan jeruk lemon. Caranya, peras jeruk lemon secukupnya dan campurkan dengan air hangat. Kemudian rendam kaki dengan air jeruk lemon tersebut selama 25 menit 2 kali sehari.  Fungsi dari air perasan jeruk lemon adalah dapat menjaga dan mengontrol kelembapan kaki sehingga terhindar dari bakteri penyebab bau tak sedap. 



  • Deodorant 

Selain digunakan sebagai solusi untuk mengatasi keringat berlebih pada ketiak, deodorant juga dapat digunakan untuk mengatasi bau kaki. Deodorant berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada kaki. 



  • Kopi

Kopi selain memiliki rasa yang nikmat dan memiliki banyak penggemar, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi bau kaki yang tidak sedap. Caranya, buatlah alas kaki dari bubuk kopi yang dimasukan dalam plastik silica, kemudian letakkan dibawah alas sepatu. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bakteri tumbuh dalam sepatu. 



  • Teh 

Teh biasanya kita seduh dan dinikmati saat suasananya sedang dingin, namun kegunaan teh tidak hanya itu saja. Teh juga dapat digunakan sebagai pengusir bau kaki yang menyengat, caranya cukup dengan menggunakan teh sebagai bahan yang dimasukan dalam air hangat rendaman kaki. Selain itu, merendam kaki dengan air hangat dan teh dapat membuat rileks dan mengurangi rasa capek setelah seharian bekerja.


Nah, itulah tadi cara mengatasi bau kaki yang menyengat secara alami. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya terhindar dari bau kaki. 
  • Jangan Biarkan Kuku Kaki Panjang 

Kuku yang panjang dapat menyimpan kotoran dan bisa juga sebagai tempat tinggal bakteri penyebab bau kaki. Sehingga alangkah baiknya jika memotong kuku kaki secara rutin dan jangan dibiarkan terlalu panjang.



  • Jaga Kebersihan Sepatu dan Kasut

Apabila kita menggunakan sepatu dan kasut yang bersih akan membuat rasa nyaman kaki. Selain itu, kaki juga terhindar dari bakteri penyebab bau kaki yang tidak sedap serta penyakit kaki lainnya. Hindari pula pemakaian sepatu yang masih basah dan belum sepenuhnya kering. 



  • Taburi Bubuk Kopi

Sebelum  ingin menggunakan sepatu yang masih baru atau baru dicuci, sebaiknya taburi bagian dalam sepatu dengan bubuk kopi supaya sepatu tidak ditumbuhi jamur atau bakteri penyebab bau kaki. 



  • Cuci Kaki 

Cucilah kaki sebelum memakai sepatu atau sesudahnya, lalu keringkan sampai benar – benar kering, supaya kaki tidak lembab. Nah, barulah bisa memakai sepatu kesayangan. Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk menyimpan sepatu dan kasut di tempat yang kering, serta apabila sepatu atau kasut basah segera dijemur sampai kering. 


Nah, demikian tadi tips supaya terhindar dari bau kaki yang menyengat. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D