Bahaya Pengharum Ruangan bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga keindahan dan kebersihan ruangan merupakan hal yang penting dilakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan, salah satunya bisa dilakukan dengan cara membersihkan, menata setiap perabot di dalam ruangan dan menambahkan pengharum ruangan agar ruangan menjadi lebih segar.

Selain dapat memberikan suasana yang menyegarkan, pengharum ruangan juga berguna untuk menciptakan suasana yang lebih rileks dan dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap pada ruangan. Namun, penggunaan pengharum ini juga mempunyai dampak negatif yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pengharum ruangan mempunyai dua variasi yang sesuai dengan bentuknya, ada yang berbentuk padat / gel dan ada pula yang berbentuk cair atau semprot. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bahaya benda ini tergantung pada jenis dan bentuk yang dimiliki karena di dalamnya terdapat kandungan komponen kimia aktif yang berbeda-beda.

Bahaya pengharum ruangan bagi kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
Menggunakan pengharum ruangan semprot / spray dianalisis mempunyai resiko tinggi terhadap gangguan kesehatan seperti, menurunnya hormon testeron pada laki-laki, gangguan kehamilan, gangguan sistem reproduksi dan dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Penggunaan pengharum ruangan dalam bentuk spray dapat menyebabkan terjadinya penyakit asma, sehingga para ahli menyarankan untuk menggunakannya pada ruangan yang mempunyai ventilasi udara.

Hal tersebut disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan bahan kimia yang berbahaya seperti ambrette, geranyl niytile, dan zat kimia 7-methyomarin, semua bahan tersebut telah dilarang penggunaannya oleh pemerintah karena cenderung sangat membahayakan kesehatan, di sisi lain ada pula pengharum ruangan yang berbentuk gel yang dibuat dengan bahan dasar formaldehyde dan methycholoroisothiozilinone. Kandungan dalam bentuk gel sama berbahayanya dengan bentuk semprot / spray.

Untuk itu, penting untuk memilih pengharum ruangan dengan bahan alami, bahan dasar air sangat dianjurkan untuk digunakan meskipun ketahanannya hanya 3-5 jam namun bahan ini lebih aman jika dibandingkan dengan bahan dasar minyak yang terdapat zat kimia. Mengurangi bau ruangan juga bisa diatasi dengan menggunakan pengharum alami seperti kayu cendana dan kayu cemara, selain itu bersihkanlah ruangan secara teratur serta buatlah sirkulasi udara yang cukup antar ruangan.


Lingkungan yang indah dan bersih bisa diterapkan dengan menciptakan suasana yang ramah lingkungan dan harus diimbangi dengan memilih bahan yang baik untuk kesehatan keluarga karena lingkungan yang bersih, indah dan harum tidak menjamin bahwa lingkungan tersebut terbebas dari ancaman penyakit.  (Baca Juga: Efek Samping Berada pada Ruangan Ber-AC Terlalu Lama bagi Kesehatan Tubuh )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D