Bahaya Berada di Ruangan ber-AC bagi Kesehatan


Dampak Buruk & Bahaya Berada di Ruangan yang ber-AC

Akibat faktor cuaca yang panas, banyak orang yang menggunakan AC yang digunakan untuk penyejuk ruangan khususnya bagi tempat-tempat tertentu seperti kantor, pusat perbelanjaan, rumah makan dan lain sebagainya. AC juga telah banyak ditemukan di rumah-rumah kelas menengah atas. Sebenarnya dari segi ilmu geografi penggunaan AC dapat mempertipis lapisan ozon di permukaan bumi sehingga akan berdampak pada pemanasan global.

Memang AC dapat memberikan manfaat seperti rasa nyaman saat berada dalam ruangan tertutup karena memiliki suhu yang sejuk karena adanya AC. Tetapi dari segi ilmu kesehatan ruangan ber-AC mempunyai dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh.


Efek Samping & Bahaya Buruk Berada di Ruangan yang ber-AC

 Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan dampak buruk ruangan ber-AC bagi kesehatan tubuh.


Bahaya Berada di Ruangan ber-AC bagi Kesehatan
Image Source: commons.wikimedia.org
1.      Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Kulit

Sering berada dalam ruangan yang ber-AC mengakibatkan tekstur kulit semakin kering dan hilangnya selaput lender pada kulit. Selaput lender tersebut berfungsi untuk melembabkan kulit. Jika kondisi kulit kering yang dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan masalah yang serius seperti terjadinya radang kulit dan kanker kulit.

2.      Tidak Tahan Terhadap Suhu Panas

Terlalu sering berada pada ruangan yang ber-AC maka akan membuat seseorang akan merasa tidak tahan terhadap suhu panas saat berada di luar ruangan. sangat disayangkan, padahal di jam-jam tertentu sinar matahari baik untuk kesehatan tulang dan kulit karena adanya vitamin D yang melimpah.

3.      Menimbulkan Alergi

Ruangan ber-AC merupakan ruangan tertutup dengan keminiman sirkulasi udara yang digunakan atau bahkan tidak ada sirkulasi udaranya. Hal itu yang menyebabkan debu, kotoran, kuman, bakteri yang terdapat pada ruangan tersebut tidak dapat keluar melalui sirkulasi udara akibatnya akan menimbulkan alergi. Selain itu ruangan ber-AC dapat mempermudah virus dan kuman berpindah dari satu orang ke orang yang lain.

4.      Menurunkan Kesehatan Paru-Paru

Ruangan ber-AC menyebabkan perubahan suhu dalam ruangan tersebut berubah secara mendadak karena kelembaban ruangan yang berubah. Hal itu akan mengganggu sistem pernafasan khususnya berpengaruh pada kesehatan paru-paru.

5.      Menurunkan Kesehatan Mata

Berada dalam ruangan ber-AC dengan waktu yang cukup lama akan membuat mata merah dan kering. Apabila seseorang menghabiskan waktu seharian di dalam ruangan ber-AC  akan menyebabkan terjadinya penyakit mata yang disebut dengan blepharitis dan conjunctivitis.

Terkadang melakukan kebiasaan yang dianggap menguntungkan diri, tapi sebaliknya malah merugikan diri sendiri khususnya bagi kesehatan. Untuk itu penting mengetahui berbagai informasi yang ada. Sebenarnya dampak buruk ruangan ber-AC akan terjadi apabila sistem kekebalan tubuh kita sedang rentan. Maka dari itu menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting dan semoga artikel mengenai bahaya berada di ruang ber AC ini bermanfaat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D