5 Aroma Alami untuk Menghilangkan Nafsu Makan

Menghilangkan nafsu makan dapat dilakukan dengan cara mengontrol emosi untuk tidak makan berlebihan merupakan salah satu cara untuk melancarkan program diet. Namun, hal tersebut sering gagal setelah menghirup atau mencium aroma-aroma makanan yang menghiurkan seperti mencium aroma sedap yang berasal dari roti yang keluar dari panggangan atau aroma ayam goreng tepung, hal tersebut tentunya akan menimbulkan rasa untuk mengkonsumsi makanan tersebut.
Image Source: Flickr.com

Nafsu makan yang tidak terkontrol akan berdampak pada kelebihan berat badan (obesitas), hal ini tentunya menjadi masalah besar bagi mereka yang ingin menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Namun, pembaca tidak perlu cemas karena pada kesempatan ini akan dibahas mengenai aroma yang dapat menghilangkan nafsu makan.


1. Minyak Zaitun murni

Di dalam minyak zaitun murni terdapat kandungan hormon serotin yang berpengaruh pada tingkat kekenyangan, di sisi lain di dalamnya juga terdapat kandungan MUFA yang merupakan lemak sehat yang berguna untuk menghilangkan tumpukan lemak di bagian perut.

2. Bawang Putih

Untuk mengontrol nafsu makan bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi bawang putih, hal tersebut disebabkan karena bawang putih mempunyai aroma kuat sehingga bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan dengan porsi yang cukup.

3. Apel Hijau dan Pisang

Apel hijau dan pisang mempunyai aroma yang manis sehingga mampu menetralkan dan mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Amerika Serikat, hasilnya membuktikan bahwa orang yang kelebihan berat badan dapat kehilangan nafsu makan setelah mencium aroma buah tersebut.

4. Adas

Tanaman adas dianalisis dapat mengurangi rasa lapar karena di dalamnya terdapat sifat diuretik alami yang berguna untuk mengurangi rasa lapar serta dapat mengurangi untuk ngidam makanan tertentu. Di sisi lain, biji adas juga dapat dijadikan teh yang bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan sekaligus dapat meningkatkan energi. 

5. Jeruk Bali

Kandungan likopen dan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk bali membuat buah ini mempunyai aroma yang menyegarkan untuk menurunkan nafsu makan, mencium jeruk bali kupas selama 15 menit bermanfaat untuk menurunkan nafsu makan sehingga berguna untuk mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

Dengan menghirup aroma-aroma tersebut berguna untuk mengontrol nafsu makan berlebih sehingga dapat melancarkan program diet harian sehat. (Baca Juga: 3 Makanan untuk Menghilangkan Nafsu Makan saat Diet )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D