Gejala & Ciri-ciri Kanker Ovarium

KesehatanPedia.com - Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi wanita, dari penyakit ringan hingga penyakit serius. Oleh karena itu, adalah sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi. Penyakit kanker ovarium merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam nyawa wanita.

Ciri-ciri kanker ovarium
Sesuai dengan namanya, kanker ovarium adalah kanker adalah kanker yang tumbuh di bagian ovarium atau indung telur. Penyakit ini merupakan jenis kanker yang berbahaya karena indung telur berfungsi sebagai tempat sel telur, hormon estrogen dan hormon pesterogen. Kanker ini juga dapat menyerang sel telur yang mana saja yang terdapat di dalam indung telur (ovarium).

Pada awalnya, adanya penyakit ini tidak menunjukkan gejala apapun yang dirasa meyakinkan karena gejala yang pertama kali muncul sekedar sembelit, diare serta adanya rasa lelah. Namun dalam jangka panjang, penyakit ini berpotensi akan menimbulkan rasa nyeri di daerah sekitar punggung, perut, pelivis dan di daerah kaki.

Penyebab & Gejala Penyakit Kanker Ovarium 


Di Negara Amerika terdapat 22.000 wanita yang mengidap penyakit ini. Hal itu merupakan fakta yang mengejutkan. Penyakit kanker ovarium merupakan salah satu penyakit menakutkan yang dianggap sebagai momok bagi para wanita. Pada kesempatan akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dan penyebabnya :

1. Mudah Merasa Kenyang
Ini merupakan salah satu gejala awal yang mengherankan, khususnya bagi orang memiliki hobi makan. Mudah merasa kenyang saat mengonsumsi makanan yang disukai adalah hal yang patut dicurigai, karena normalnya hanya terdapat beberapa hal yang menyebabkan manusia mudah merasa kenyang yaitu pada saat makan berlebihan, merasa stres dan ketika tidak enak badan.

2. Diare atau Sembelit
Gejala ini disebabkan karena adanya gangguan sistem pencernaan yang merupakan salah satu ciri-ciri kanker ovarium. Gejala ini juga dikaitkan dengan adanya penyakit komplikasi kesehatan lainnya. Untuk mengetahui mengenai penjelasan dan lebih lanjut sebaiknya segera berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter.

3. Merasakan Nyeri disekitar Perut, Pelivis, Punggung
Nyeri di sekitar perut merupakan hal yang biasa terjadi pada saat datang bulan. Namun, jika mengalami nyeri yang berkelanjutan setelah menstruasi berakhir itu merupakan salah satu hal yang patut untuk dicurigai. Selain itu, nyeri di sekitar perut juga akan didukung dengan adanya rasa nyeri di bagian punggung maupun pelivis.

4. Adanya Pembengkakan Pada Daerah Abdominal
Adanya pembengkakan yang terjadi pada daerah abdominal atau perut merupakan salah satu ciri-cirinya. Pembengkakan tersebut akan membuat wanita seperti ibu hamil karena perutnya semakin membuncit. Hal ini merupakan sesuatu yang patut dicurigai apalagi bagi wanita yang mempunyai porsi makan sedikit.

 5. Adanya Pendarahan Berlebihan
Selanjutnya adalah terjadinya pendarahan yang berkelanjutan setelah datang bulan. Gejala ini menunjukkan bahwa adanya penyakit di dalam rahim untuk itu segeralah memeriksakanya ke dokter kandungan.

Cara yang tepat untuk menghindari penyakit kanker ovarium adalah dengan tetap menjaga kebiasaan sehat serta pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca: Tips Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara secara Alami
Advertisement

Artikel Lainnya :-D