Manfaat Daun Selada Hijau bagi Kesehatan Tubuh

Daun selada merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi sebagai lalapan bersamaan dengan berbagai macam makanan lainnya. Walaupun hanya dikonsumsi sebagai makanan pendamping daun ini mempunyai berbagai manfaat luar biasa yang akan diulas pada kesempatan kali ini.

Berbagai Manfaat Luar Biasa Dari Daun Selada :


1. Membantu Proses Pertumbuhan

Kandungan protein tinggi yang dimiliki mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang telah mati dan berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh pada anak-anak.

manfaat daun selada2. Mengatasi Penyakit Diabetes

Daun ini mempunyai kadar gula yang rendah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes walaupun dalam jumlah banyak sekalipun.

3. Mengatasi Penyakit Anemia

Di dalam daun selada dianalisis terdapat kandungan zat besi yang setara dengan bayam, kandungan tersebut berfungsi untuk mengatasi penyakit anemia karena berperan sebagai penambah darah.

4. Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C yang ditemukan di dalamnya mampu mencukupi asupan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya sariawan.

5. Mencegah Cacat Kandungan

Daun selada baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena terdapat kandungan vitamin K yang berfungsi untuk mencegah cacat bayi dalam kandungan.

6. Menurunkan Berat Badan

Daun ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah, apabila dikonsumsi tidak akan menambah berat badan sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat.

7. Mengatasi Insomnia

Kandungan senyawa lactucarium mampu membuat syaraf menjadi rileks sehingga dapat memperbaiki kualitas tidur serta dapat mengatasi masalah insomnia.

8. Menetralisir Racun

Sumber mineral yang terdapat di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menetralisir kandungan racun di dalam tubuh, proses detoksifikasi tersebut berjalan secara alami sehingga tubuh dapat terbebas dari racun.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan omega 3 dan omega 6  yang dimiliki hampir sama dengan kandungan yang terdapat di dalam makanan laut. Kedua kandungan tersebut berperan untuk menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga dapat menstabilkan kinerja organ-organ tubuh.

10. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Kandungan kalori yang rendah tentunya sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah, hal tersebut tentunya dapat mencegah adanya penyakit diabetes.

Mengkonsumsi sayuran merupakan kebiasaan yang menyehatkan, untuk itu konsumsilah sayuran sebagai salah satu pelengkap makanan sehari-hari. Baca juga: Khasiat Daun Sembukan untuk Pengobatan Alami
Advertisement

Artikel Lainnya :-D