Manfaat Bunga Sepatu untuk Obat Tradisional

Bunga sepatu merupakan tanaman yang mempunyai nama latin Hibiscus Rosa Sinensis dan digolongkan dalam keluarga Malyaceae karena mempunyai bunga yang indah dengan warna yang mencolok tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Tanaman ini dapat di kembangbiakan dengan cara stek batang, cangkok dan dapat ditanam bijinya, bunga dari tanaman ini mempunyai berbagai jenis variasi warna seperti warna merah, merah muda, orange, kuning dan putih.
manfaat bunga sepatu
Selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena semua bagiannya seperti akar, daun dan bunganya mempunyai kandungan senyawa aktif yang berperan untuk mengatasi berbagai penyakit. Di dalam akarnya dan daunnya terdapat kandungan protein, lemak, peroksidase,  dan kalsium-oksalat, sedangkan di dalam bunganya terdapat kandungan hibisetin.

Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas mengenai manfaat bunga sepatu untuk pengobatan tradisional. Berikut penjelasannya!

Khasiat Bunga Sepatu untuk Pengobatan Tradisional :

 
1. Mengatasi Demam dan Pilek
Di dalam bunga ini terdapat kandungan vitamin C yang berperan untuk mengatasi penyakit akibat infeksi virus seperti demam dan pilek.

2. Mengeluarkan Racun
Kelopak bunga sepatu yang dibuat menjadi teh mempunyai kandungan antioksidan tinggi sehingga dapat mengeluarkan kandungan racun di dalam tubuh. Kandungan antioksidannya juga berperan untuk mengatasi radikal bebas sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

3. Mengatasi PMS (Pra-menstrual Syndrome)
PMS atau Pra-menstrual Syndrome merupakan perubahan suasana hati yang dialami oleh wanita ketika menjelang dan berlangsungnya siklus menstruasi, kebiasaan tersebut tentunya akan merugikan diri sendiri dan orang lain karena adanya tingkat emosi yang tidak stabil. Mengkonsumsi teh bunga sepatu merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk membuat perasaan menjadi rileks dan tenang.

4. Menambah Energi
Mengkonsumsi teh bunga sepatu secara rutin berguna untuk mengembalikan energi yang hilang setelah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Revitalisasi energi sangat penting bagi tubuh karena berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari stres dan ketegangan.

5. Menurunkan Berat Badan
Mempunyai tubuh yang langsing dan sehat merupakan impian setiap orang khususnya bagi mereka yang memperhatikan penampilan, untuk mewujudkan hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi teh bunga sepatu secara rutin.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan minyak yang terdapat di dalamnya berperan untuk membersihkan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi sehat dan halus. Selain itu, di dalamnya juga terdapat sifat anti-inflamasi yang memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat serta dapat mencegah terjadinya penuaan dini.
Membuat teh bunga sepatu sangatlah mudah, caranya cukup menyiapkan bunga sepatu segar sebanyak 30 gram, rebuslah dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring untuk diambil airnya kemudian bisa dicampurkan dengan gula atau madu untuk diminum 2 kali dalam sehari masing-masing ½ gelas.
Sebelum menerapkan cara ini sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter karena penanganan setiap penyakit tergantung pada kondisi kesehatannya. Baca juga: Khasiat Bunga Bugenvil untuk Kesehatan
Advertisement

Artikel Lainnya :-D