Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Kesehatanpedia.com - Buah dan sayuran merupakan jenis bahan makanan yang umum dikonsumsi oleh banyak orang. Sebab, kedua jenis bahan makanan tersebut memiliki kandungan gizi serta manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh. Namun, perbedaan warna dari setiap jenis buah dan sayuran tersebutmemiliki manfaat yang beragam pula. Sehingga mudah untuk mengelompokkan manfaat dari buah dan sayuran berdasarkan warnanya.

Warna memang dapat mempengaruhi seseorang, termasuk juga warna pada makanan. Sebab, setiap orang pastinya memiliki warna yang disukai dan tidak disukai. Sehingga orang akan cenderung memilih makanan yang disukai meskipun itu sedikit mengandung gizi. Oleh sebab itu, warna makanan memang memiliki pengaruh yang cukup penting bagi manusia.

Manfaat Buah-buahan - dan Sayur
Tak hanya pada makanan saja, warna peralatan makanan juga dapat mempengaruhi pola makanan, pada anak contohnya. Untuk itu sebaiknya lebih efektif lagi jika mengetahui warna kesukaan si anak dan menggunakan peralatan makannya dengan warna yang disukainya. Mungkin cara ini akan dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada anak  - anak. Warna tersebut seperti warna merah dan kuning yang dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini dapat kita lihat pada suatu perusahan terkenal milik Amerika memiliki warna merah sebagai warna dasar dan berpadu dengan warna kuning juga memiliki tujuan tersendiri untuk memancing para pelanggan. Selain itu ada pula warna biru, hitam dan ungu cenderung dapat mengurangi nafsu makan. Nah, warna ini cocok untuk penurunan berat badan atau diet.

Kemudian, apa saja sih manfaat buah dan sayuran berdasarkan warna? Simak jawabannya berikut ini!

Khasiat Buah-buahan dan Sayur-sayuran Menurut Warna

  • Warna Merah
Warna merah dapat memberikan sugesti pada setiap orang untuk terasa lapar dan ingin mengkonsumsinya. Contohnya buah apel, buah delima, tomat, bawang merah, dan lainnya. Jenis buah dan sayuran tersebut selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, juga mempunyai manfaat  untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Sehingga dapat pula mencegah penyakit jantung.
  • Warna Orange
Bahan alami yang memiliki warna orange memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Manfaat dari kandungan tersebut dapat mencegah gangguan pada kulit dan mata serta memeliharanya agar tetap sehat. Jenis buah dan sayur tersebut seperti jeruk, wortel, paprika, ubi cilembu, labu kuning, dan lain – lain. Contohnya labu kuning yang memiliki kandungan seng di dalamnya dapat bermanfaat untuk membantu memaksimalkan fungsi otak dan mempertajam kemampuan berpikir.
  • Warna Kuning
Berbeda dengan warna orange, warna kuning ternyata memiliki manfaat berbeda bagi kesehatan. Seperti mencegah tumbuhnya sel kanker dan penyakit jantung, selain itu warna kuning juga dapat meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu lampu pada ruang makan sebaiknya diganti dengan warna yang putih untuk menghindari nafsu makan yang berlebihan. Contohnya buah dan sayuran berwarna kuning adalah buah lemon, buah belimbing dan buah ara. 
  • Warna Hijau
Warna hijau pada jenis buah dan sayuran memiliki kandungan zat klorofil atau zat hijau yang sangat tinggi. Manfaat dari kandungan pada buah dan sayur warna hijau adalah dapat membantu menurunkan berat badan, sebagai sumber antioksidan, dan memelihara kesehatan tubuh. Selain itu sayuran dan buah berwarna hijau juga merupakan sumber dari zat besi, asam folat, dan vitamin B yang penting bagi tubuh, seperti pada sayur bayam, asparagus, bunga kol, pare, labu, dll. Warna hijau pada tumbuhan dan rerumputan juga baik untuk mata, apalagi yang sering setiap hari berhadapan dengan layar elektronik seperti komputer, laptop atau smartphone. Sebab, dengan melihat warna hijau membuat mata kembali fresh dan segar kembali.
  • Warna Biru
Warna biru merupakan jenis warna – warna gelap, sehingga bagi sebagian orang warna tersebut banyak dihindari dan dianggap hanya memiliki kandungan yang membahayakan bagi tubuh. Namun, anggapan tersebut hanya hoax semata atau omong kosong. Buah dan sayuran yang berwarna biru memiliki manfaat yang baik untuk program penurunan berat badan atau diet. Sebab warna biru dapat memberikan suasana hati yang nyaman, tenang dan tentram. Selain itu yang terpenting warna tersebut dapat menurunkan rasa lapar.
  • Warna Ungu
Warna ungu juga termasuk jenis warna gelap, namun juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Warna ungu memiliki manfaat mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan, mencegah kanker, dan penyakit jantung. Contohnya dapat ditemukan pada sayuran terong, anggur, kubis ungu, dan jamblang atau juwet.
  • Warna Hitam
Untuk warna hitam yang juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung. Namun sayangnya sayuran dan buah yang memiliki warna hitam jarang ditemui dan langka. Namun, masih ada beberapa jenis makan yang memiliki warna hitam seperti beras ketan hitam atau beras hitam, kacang hitam, jamur, dan buah zaitun.

Itulah tadi beberapa manfaat buah dan sayuran berdasarkan warna untuk kesehatan. Jadi, banyak dan beragam jenis buah dan sayuran bila dibedakan berdasarkan warnanya. Begitu juga dengan banyak pula manfaat yang dapat diperoleh dari jenis buah dan sayuran tersebut bagi kesehatan. Semoga bermanfaat! Karena buah dan sayur kaya nutrisi vitamin, sebaiknya baca juga: Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, K bagi Tubuh (kes/sam
Advertisement

Artikel Lainnya :-D