Manfaat Jenis Vitamin A, B, C, D, E, K untuk Kesehatan Tubuh


Nama-nama & Manfaat Vitamin bagi Kesehatan


Vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu organ tubuh bekerja secara optimal. Vitamin dapat ditemukan di dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari – hari. Ada banyak jenis vitamin dan manfaatnya bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Di setiap jenis vitamin tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing – masing untuk membantu organ tubuh bekerja secara optimal bagi kesehatan. 


Manfaat Vitamin A, B, C, D, E, K bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Kecantikan Kulit, Rambut dll


Manfaat Setiap Jenis Vitamin untuk Kesehatan



  • Vitamin A

Vitamin A atau dikenal juga dengan retinol merupakan vitamin yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, sumber antioksidan, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini. Vitamin A dapat diperoleh dari buah dan sayuran yang memiliki warna merah terang atau orange dan hijau, seperti wortel, bayam. Selain itu ada pula kandungan vitamin A di dalam susu dan hati. Namun, apabila kekurangan vitamin A dapat menyebabkan timbulnya penyakit mata, seperti katarak dan mata minus, sistem kekebalan tubuh menurun dan terjadinya penuaan dini. Sebaliknya, apabila terjadi kelebihan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan pada kulit dan menstruasi mejadi tidak lancar. 


  • Vitamin B

Vitamin B merupakan jenis vitamin yang kompleks, di dalamnya masih dapat dibagi menjadi beberapa macam vitamin lagi, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Semua jenis vitamin B kompleks tersebut memiliki manfaat dan fungsinya masing – masing pada tubuh. Vitamin B  memiliki manfaat mencegah beri – beri, menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf, menambah nafsu makan, menghasilkan senyawa asam, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit anemia dan masih banyak lagi manfaat yang kita temukan dari vitamin B tersebut. Vitamin B dapat kita temukan dalam jenis buah, sayuran, kacang – kacangan dan gandum serta daging. 


  • Vitamin C

Vitamin C dapat kita temukan dalam buah yang berasa asam, ikan dan mentega. Vitamin C dikenal juga dengan asam askorbat yang memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, sebagai antioksidan, menjaga kesehatan gusi dan gigi, dan membentuk sel darah merah. Namun, apabila tubuh kekurangan vitamin C dapat terkena anemia, sariawan dan mudah lelah. 


  • Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang memiliki manfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin yang memiliki nama lain kalsiferol ini dapat kita temukan dalam susu dan hebatnya lagi kita bisa mendapatkannya secara gratis dari sinar matahari pagi, dari terbitnya matahari sampai pukul 09.00 pagi. 


  • Vitamin E

Vitamin E atau Tecopherols merupakan vitamin yang memiliki fungsi menjaga kesehatan kulit dan mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh. Vitamin E dapat didapat dari gandum, minyak ikan dan minyak sayur. Apabila kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kemandulan. Jadi, konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E agar tetap subur dan terhindar dari kemandulan. 


  • Vitamin K

Vitamin K atau Menaquinones adalah vitamin yang memiliki kegunaan mencegah osteoporosis dan diabetes. Vitamin K dapat ditemukan buah alpukat dan sayuran hijau. Kekurangan vitamin K dapat membuat tulang mudah keropos. 


Nah, itulah tadi jenis – jenis vitamin beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jadi, tubuh sangat memerlukan asupan vitamin dari makanan atau minuman yang kita konsumsi untuk membantu kerja organ tubuh, sehingga dapat menjalankan fungsinya secara optimal dan menjadikan tubuh kita selalu sehat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D