7 Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Kolesterol atau lipid merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang memiliki dua macam kolesterol. Dua macam tersebut ada kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Apabila kadar kolesterol baik naik dapat bermanfaat bagi tubuh, seperti melembabkan kulit, menyehatkan kulit, membantu pembentukan vitamin D, menyusun membran sel dan memproduksi asam empedu pada usus. Sedangkan apabila kolesterol jahat naik maka akan mengakibatkan beberapa macam gangguan dalam tubuh, seperti penyumbatan pembuluh darah dan bahkan sampai serangan jantung. Sehingga dapat pula mengancam jiwa pula, untuk itulah sudah seharusnya untuk mengatasi dan mencegah tingginya kadar kolesterol.


Mungkin ada banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol, mulai dari minum obat – obatan atau penanganan medis. Namun, dari cara tersebut banyak menimbulkan efek samping dan beberapa penyakit baru. Nah untuk itu sebaiknya menggunakan bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab tidak memiliki efek samping terhadap tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan – makanan berikut ini.
  • Kacang – Kacangan
Semua jenis kacang – kacangan, seperti kacang tanah, kacang mede, kacang merah, dll dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab, jenis kacang – kacangan mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan.
  • Tomat
Tomat termasuk dalam jenis buah – buahan yang kaya akan manfaat terutama vitamin C. Selain itu, buah tomat juga dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi buah tomat dalam bentuk jus atau olahan lainnya yang masih menjamin keutuhan kandungan nutrisi di dalamnya. Dengan mengkonsumsi jus tomat sebanyak 2 gelas jus tomat secara rutin, kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat normal kembali.
  • Buah Alpukat
Dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan jumlah HDL atau kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah alpukat bisa dijadikan jus yang memiliki rasa yang enak dan nikmat serta berkhasiat.
  • Buah Delima
Buah yang memiliki warna merah merona ini selain dapat meningkatkan jumlah trombosit, ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi adanya penumpukan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah delima dalam bentuk jus atau dimakan langsung juga dapat meningkatkan produktivitas oksida nitrat. Zat ini membantu membersihkan plak kolesterol pada arteri. Sehingga terhindar dari penyumbatan pada pembuluh arteri yang dapat mengakibatkan serangan jantung. 
  • Buah Anggur
Buah yang tumbuh bergerombol ini memiliki beragam jenis dan beragam pula khasiat bagi kesehatan, salah satunya berguna untuk menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik. Caranya dengan hanya mengkonsumsi buah anggur berupa minuman jus yang dapat dinikmati setiap hari.
  • Tahu, Tempe dan Susu Kedelai
Tahu, tempe, susu kedelai dan semua olahan dari kedelai memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan dari kedelai dapat memenuhi kebutuhan protein per hari beserta nutrisi lainnya.
  • Bawang Putih
Bawang putih meskipun termasuk bumbu dapur, ternyata ikut andil dalam mengatasi beberapa macam persoalan kesehatan seperti kolesterol. Dengan mengkonsumsi bawang putih satu siung saja dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya bisa dihaluskan atau dibuat jus dan bisa pula dicampurkan dalam pembuatan masakan.

Demikian tadi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat dikonsumsi setiap hari. Jadi, dengan mengkonsumsi beberapa macam makanan diatas kita dapat menjaga kesehatan jantung, terhindar dari penyakit jantung dan melancarkan peredaran darah. Selamat mencoba! Dan jangan lupa baca: Khasiat Buah Sirsak untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi
Advertisement

Artikel Lainnya :-D