Manfaat Buah Sirsak untuk Kolesterol Tinggi

Manfaat Buah Sirsak untuk Kolesterol



Sirsak merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mudah di temukan di wilayah Asia Tenggara dan Amerika Serikat. Buah ini tentunya juga mudah ditemukan di tanah air kita yaitu Negara Indonesia. Tanaman sirsak telah banyak dibudayakan untuk dikomersialkan. Sirsak sendiri adalah buah yang memiliki warna hijau di luarnya, dan di dalamnya berwarna putih yang memiliki tekstur lembut. Di dalam buah sirsak terdapat biji hitam dengan ukuran yang lumayan besar. Di bagian luarnya buah ini terdapat tonjolan daging seperti duri.

Manfaat Buah Sirsak untuk KolesterolBuah ini mempunyai rasa asam dan manis, bila dimakan rasanya begitu meyegarkan. Buah ini banyak diolah menjadi aneka jus yang dicampurkan dengan buah lainnya, bahan campuran untuk kue dan puding. Sirsak telah banyak dibudidayakan untuk dikomersialkan bagi para turis lokal maupun asing.

Menurut para ilmuan yang telah melakukan penelitian terhadap buah sirsak, buah ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan khususnya dalam membantu menurunkan kolesterol, mencegah penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit kanker, penyakit liver hingga asma. Namun, pada kesemapatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat buah sirsak untuk menurunkan kolesterol.


Khasiat Sirsak untuk Menurunkan Kolesterol


Salah satu manfaat dari buah sirsak yang membuat peneliti tertarik  adalah buah ini mampu mengembalikan kadar gula darah menjadi stabil dan mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Buah sirsak mengandung senyawa seperti rendah lemak, fruktosa, kalsium, protein, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan zat besi. Kemudian metabolisme sekunder yang berada di dalamnya adalah golongan fitoserol, alkaolida, dan tannin.

Mengonsumsi buah sirsak atau pemakaian ekstra buah ini maupun daunya juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, karena dapat memperbaiki fungsi kelenjar sebagai penghasil hormon insulin yang berguna untuk menurunkan kolesterol dan menyetabilkan kadar gula di dalam darah. Selain itu buah tersebut juga dapat dikonsumsi untuk mengobati penyakit stroke dan diabetes. Senyawa asetogenin yang terdapat di dalamnya merupakan senyawa spesifik untuk mencegah dan mengilangkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Jika sudah mengetahui apa saja manfaat buah sirsak bagi kesehatan, khusunya bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. Ternyata juga termasuk aman dikonsumsi karena mempunyai kadar gula rendah dan kandungan lemak yang rendah. Jadi janganlah ragu untuk mengonsumsinya.  Informasi ini dapat dijadikan referensi kesehatan sembari tetap melakukan kebiasaan serta pola hidup yang sehat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D