Cara Menghilangkan Rasa Capek dan Pegal di Badan



KesehatanPedia.com - Setiap orang pasti memiliki aktivitasnya masing – masing, baik sebagai pengajar, pekerja indoor, pekerja outdoor, ibu rumah tangga, pelajar, dll. Setiap aktivitas dan kegiatan yang dijalani pasti memiliki resiko tersendiri, terutama rasa capek. Rasa capek ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti pekerjaan yang berat dan sedikit waktu istirahat, kerja lembur dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan cara untuk menghilangkan rasa capek tersebut.


Tips Mencegah & Mengatasi Rasa Lelah & Pegal Linu di Tubuh Setelah Bekerja atau Beraktivitas

Cara menghilangkan rasa capek dan pegal di badan
Image Source: pixabay.com
Untuk menghilangkan rasa capek dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya mengistirahatkan tubuh dari aktivitas sehari – hari. Namun, cara ini perlu adanya dukungan dari beberapa tips berikut ini!

  • Sarapan
Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan di pagi hari, sebab sarapan juga berpengaruh terhadap aktivitas yang akan dijalankan dalam satu hari tersebut. Selain itu, serapan juga menyuplai energi melalui makanan yang dimakan dan usahakan makanan tersebut mengandung karbohidrat, serat, protein dan vitamin. Tidak sarapan atau jarang sarapan dapat membuat cepat capek dan memicu penyakit lainnya, seperti maag dan penyakit jantung. Oleh karena itulah sarapan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apabila tidak keburu membuat makanan untuk sarapan bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti roti, telur, atau buah – buahan. 

  • Memenuhi Kebutuhan Nutrisi
Selain sarapan, makan siang dan makan malam juga diperlukan untuk kelangsungan hidup serta menambah energi. Selain itu, perhatikan pula makanan yang dimakan, apakah sudah mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi atau belum. Begitu juga kandungan serat pada makanan juga harus diperhitungkan, sebab makanan yang kaya serat selain dapat melancarkan pencernaan juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan memberi energi lebih bagi tubuh. Untuk itu, cukupi kebutuhan nutrisi dan serat harian dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna, sehingga terhindar dari rasa capek dan lelah.

  • Minum Air Putih
Selain makanan, minuman juga menjadi kebutuhan manusia yang cukup penting, terutama untuk mencegah dehidrasi, melembabkan kulit dan mengurangi rasa capek serta lelah karena aktivitas berat. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 – 12 gelas per hari, sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh.


  • Mendengarkan Musik
Banyak penelitian yang menyatakan dengan mendengarkan musik yang disukai dapat melepaskan dan mengurangi rasa capek dalam tubuh. Dengan mendengarkan musik sambil duduk santai membuat pikiran menjadi lebih tenang dan membuat tubuh rileks, sehingga rasa capek serta lelah akan berkurang.

  • Tertawa
Tertawa merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan rasa capek dan lelah. Dengan berkumpul bersama kawan, mengobrol dan bercanda di tempat nongkrong membuat rasa capek hilang seketika. Selain itu, melihat acara komedi di televisi juga menjadikan sebuah alternatif untuk mengurangi rasa capek setelah seharian beraktivitas. Dengan tertawa atau bisa juga dengan teriak sekencang – kencangnya membuat semua beban dalam pikiran dan tubuh akan hilang.

  • Wudhu
Menjaga kesucian dan kebersihan dengan cara berwudhu atau mencuci muka dapat memberikan rasa segar atau menjadi sebagai charge energi bagi tubuh. Sehingga rasa capek dan lelah akan mudah hilang, cara ini juga efektif untuk dilakukan.

Nah, itulah tadi tips cara mengatasi rasa capek dan lelah secara alami yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari – hari untuk tetap sehat. Semoga berguna, dan jangan lupa untuk membaca: Tips Mengatasi Rasa Malas dan Sering Mengantuk



Advertisement

Artikel Lainnya :-D