Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Ngantuk yang Berlebihan

Malas merupakan sebuah musuh besar bagi manusia produktif dan menjadi sebuah penyakit mental yang dapat dengan mudah datang di setiap saat. Bisa nanti, sekarang atau kapan saja. Akibat dari rasa malas ini berdampak besar bagi kehidupan dan merupakan penyakit mental yang sangat mengganggu. Penyesalan merupakan akibat dari rasa malas, sebab rasa malas adalah memanjakan diri dari segala aktivitas. 

Contohnya malas belajar, pelajar cenderung malas dan menganggap enteng belajar, namun ketika akan ada ujian mereka melakukan sistem  ngebut semalam. Lalu apakah semua pelajaran tersebut akan masuk dalam pikiran kalau sebelumnya tidak terus dipelajari secara rutin?  Akhirnya, pelajar tersebut mendapatkan nilai yang tidak bagus, sehingga membuat tidak naik kelas dan timbullah rasa penyesalan dalam dirinya. Itulah akibat dari rasa malas. Oleh karena itu banyak orang yang terus menerus mencari solusi bagaimana caranya menghilangkan rasa malas dalam diri. Namun, rasa malas dapat diatas mulai dari niat tidak ingin menjadi pemalas dan beberapa tips berikut ini.



Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar, Bekerja dan Melakukan Aktivitas


  • Jangan Menunda - Nunda
Rasa malas juga berawal dari seringnya menunda – nunda sebuah pekerjaan. Buang jauh – jauh keinginan untuk menunda dalam pikiran. Jangan selalu berpikiran untuk meremehkan suatu pekerjaan sebab itu juga merupakan awal dari rasa malas dan penyesalan. Sebaiknya, selesaikan sesegera mungkin serta selalu berpikir terhadap resiko yang akan didapat apabila sering menunda – nunda pekerjaan.

Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Ngantuk yang Berlebihan
Image Source: pixabay.com
  • Berolahraga
Dengan olahraga secara rutin secara efektif dapat menambah energi dalam tubuh, sehingga menghindarkan dari rasa malas untuk datang. Apalagi melakukan olahraga yang disukai, membuat tubuh menjadi bersemangat.

  • Menjadikan Penting
Memikirkan suatu hal menjadi sesuatu yang sangat penting dapat secara efektif membuat rasa malas menghilang. Pikirkan jika hal tersebut sangat penting untuk masa depan dan kelangsungan hidup nantinya. Selain itu, memikirkan hadiah yang didapat apabila melawan rasa malas, sehingga cara ini dapat membuat rasa malas pergi.

  • Istirahat
Istirahat secukupnya memang sangat diperlukan bagi tubuh untuk memulihkan stamina. Namun, jangan pula terlalu banyak istirahat karena menunjukan seorang pemalas.

  • Pikirkan Kerugian dan Penyesalan yang Akan Didapatkan
Memikirkan kerugian terhadap diri sendiri dan juga penyesalan yang akan didapatkan apabila menjadi seorang pemalas menjadikan cara yang cukup efektif untuk mengusir rasa malas. Sehingga membuat bersemangat kembali untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Nah, demikian tadi beberapa tips cara menghilangkan rasa malas yang dapat dicoba. Jadi, jangan menyerah terhadap rasa malas, sebab kemalasan hanya dapat menimbulkan sebuah kerugian. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D