Penyebab Migrain dan Cara Mengatasinya secara Alami

Migrain adalah sakit kepala sebelah yang pernah dialami oleh semua orang. Migrain bisa disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda pada setiap individu. Migrain biasanya dialami oleh orang-orang yang mempunyai banyak masalah hingga merasa stres. Rasa sakit yang mencengkram akibat migrain pada umumnya diatasi dengan cara mengkonsumsi obat sakit kepala dan beristirahat.

penyebab migrain
Bagi orang yang sering mengalami migrain, sangat dianjurkan untuk membuat diary migrain. Dari catatan tersebut dapat diketahui penyebab migrain agar mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja penyebab atau pemicu terjadinya migrain.

1. Stres

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa penyebab umum terjadinya migrain adalah rasa stres yang dialami seseorang. Stres adalah keadaan yang terjadi dimana seseorang merasakan cemas yang berlebihan dalam menghadapi beban hidup. Saat mengalami stres otak akan dipaksa untuk berpikir keras tanpa menemukan solusi dari permasalahannya. Proses berpikir panjang itulah yang  akan memicu terjadinya migrain. 

2. Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab migrain, hal ini memang aneh. Namun, ada beberapa orang yang tidak terbiasa dengan bau parfum menyengat, hal itu akan berdampak terjadinya migrain. Selain itu, ada pula beberapa orang mengalami migrain pada saat melihat sorotan lampu kerlap-kerlip, dan pada saat melihat sinar matahari di sela-sela pohon saat mengemudi.

3. Menstruasi

Siklus menstruasi yang biasa dialami wanita juga merupakan salah satu penyebab terjadinya migrain. Penurunan hormon estrogen pada saat menstruasi diduga sebagai pemicu utama terjadinya migrain.

4. Makanan dan Minuman

Mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman juga dapat memicu terjadinya migrain. Bagi orang yang sering mengalami migrain sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol, minuman berkafein, kacang-kacangan, kismis, papaya, plum merah, makanan yang difermentasikan, dan keju matang.

Migrain bisa saja hilang dengan cara mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, namun obat-obatan tidak dapat menyembuhkan migrain tetapi hanya menghilangkannya sementara waktu. Setelah mengetahui apa saja penyebab migrain, selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara mengatasi migrain. 

1. Relaksasi

Kerena stres merupakan salah satu pemicu utama terjadinya migrain. Maka, cara yang paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan meluangkan waktu untuk pergi bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran.

2. Melakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan yang tidak begitu melelahkan dapat melancarkan peredaran darah, meredakan rasa stres dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat mengurangi dan mengatasi migrain.

3. Batasi Konsumsi Kafein

Kopi adalah minuman yang dikenal mengandung banyak kafein. Minuman berkafein tinggi dapat memicu terjadinya migrain, batasilah mengkonsumsi minuman yang berkafein tinggi. 

Informasi ini bisa diterapkan dengan tetap membiasakan menjaga pola hidup yang sehat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika, terus mengalami migrain yang tak kunjung hilang segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan sesuai dengan kondisi dan keluhan. Dan jangan lupa untuk membaca: Tips Mengatasi Pusing Kepala secara Alami dengan Kayu Manis


Advertisement

Artikel Lainnya :-D