Manfaat Sule / Susu Kedelai untuk Diet & Kesehatan

Kedelai merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak macam olahan terkenal di Indonesia, seperti  tempe, tahu, oncom, dan SULE atau susu kedelai. Ya, kedelai juga dapat dijadikan sebuah minuman mirip susu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan minuman yang terkenal di Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Kenapa dinamakan susu kedelai? Sebab, minuman ini berwarna putih susu, tanpa campuran susu dan kekentalannya juga mirip dengan susu, namun hanya saja berasal dari kedelai bukan berasal dari hewan perah. Semua orang kecuali balita dan anak – anak dapat membuat minuman, sebab cara pembuatannya cukup mudah.

Kandungan dan Manfaat Minum / Konsumsi Sule (Susu Kedelai) 


Minuman enak ini memiliki beragam jenis kandungan di dalamnya. Seperti protein karbohidrat, vitamin E, vitamin K, serat, asam lemak dan mineral. Nah, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsinya bagi kesehatan? Simak jawabannya berikut ini.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
Minuman nikmat ini dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab didalamnya memiliki kandungan lemak jenuh sangat sedikit yang disertai tingginya kandungan protein di dalamnya. Banyak yang merekomendasikan minuman ini untuk dijadikan sebagai menu diet sodium dan lemak jenuh yang dapat menimbulkan berbagai masalah pada jantung.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan
Pada usia balita, sistem pencernaan terkadang masih kurang baik yang disebabkan tidak mampu menerima laktosa pada susu sapi. Sehingga banyak yang menyarankan untuk mengganti susu sapi dengan susu kedelai untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan tersebut dalam porsi yang wajar.

  • Memelihara Fungsi Otak
Minuman berwarna putih ini banyak direkomendasikan sebagai pengganti susu sapi, salah satunya bagi penderita autisme. Sebab, kandungan glutein dan kasein pada protein susu sapi dapat membuat terganggunya fungsi otak, sehingga malah memperburuk autisme.

  • Susu bagi Vegetarian
Bagi vegetarian, susu kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebab, seorang vegetarian tidak dapat mengkonsumsi susu sapi namun dapat diganti dengan susu kedelai yang berguna sebagai penyeimbang kebutuhan protein bagi tubuh.

  • Menu Program Diet
Minuman ini ternyata juga bisa berguna untuk membantu program diet. Sebab rendahnya kandungan kalori dan lemak jenuh, namun tinggi kandungan protein serta serat dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan karbohidrat yang tidak dapat diserap oleh air tidak membuat badan semakin gemuk saat mengkonsumsi susu kedelai.

Itulah tadi beberapa macam manfaat dan khasiat SULE (susu kedelai) untuk kesehatan. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa minuman ini memiliki manfaat bagi kesehatan dan banyak dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Namun, ketika mengkonsumsinya disarankan untuk berhati – hati dan jangan berlebihan sebab dapat menjadi sebuah racun alami yang dapat membahayakan kesehatan. Oke, sahabat yuk dibaca juga: Manfaat Minum Susu Yoghurt



Advertisement

Artikel Lainnya :-D