Manfaat Senam Zumba Dance

Senam zumba adalah senam yang menggabungkan antara tarian salsa dengan tarian latin yang diiringi dengan alunan musik latin. Iringan musik tersebut telah dirancang secara apik sehingga dapat membentuk komposisi yang selaras. Gerakan dan musik zumba membuat orang lebih semangat dan berenergi saat melakukannya. Selain merupakan olahraga yang menyenangkan, senam ini juga bisa diterapkan untuk semua golongan usia baik pria maupun wanita. Melakukan olahraga ini sama halnya dengan menari pada saat pesta dan akan memberikan kebugaran tersendiri setelah melakukan senam. Di tempat-tempat tertentu seperti tempat fitness sudah banyak yang menyediakan senam zumba bagi orang-orang yang berminat untuk mengikutinya. 
Manfaat senam zumba dance
Image Source: pixabay.com

Keuntungan Olahraga Senam Zumba Dance


Tidak hanya memberikan rasa bugar saat melakukannya, tapi juga memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat senam zumba.

1. Olahraga yang Menyenangkan

Senam zumba merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, apalagi bagi orang-orang yang belum pernah melakukan kemudian baru mencobanya. Untuk orang yang belum bisa melakukannya, maka ia bisa mengikuti kelas senam zumba secara langsung karena para instruktur sudah tersedia dan siap melatih untuk lebih memberikan penjelasan lewat gerakan daripada lewat kata-kata. Tak hanya itu, tetapi juga menawarkan berbagai golongan kelas senam zumba, seperti kelas untuk anak-anak, kelas standar untuk masyarakat umum dan kelas gold untuk para manula. Gerakannya yang mudah diikuti dan dipelajari, hal tersebut membuat olahrahga ini sebagai kegiatan yang menyenangkan. 

2. Melatih Seluruh Tubuh

Gerakannya biasanya akan menggabungkan antara fitness dan tari. Zumba mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan jantung, karena telah menyediakan latihan untuk seluruh tubuh. Zumba dapat melatih hampir semua otot dan sendi, mulai dari kepala, leher, bahu, hingga kaki.

Bagi orang yang pertama kali melakukannya, terkadang akan merasakan nyeri pada bagian panggul, perut dan pantat. Hal itu disebabkan karena gerakanya memberi perhatian khusus pada daerah perut hingga panggul, dan bertujuan untuk memberikan fleksibilitas untuk tubuh. Fleksibilitas juga dilatih pada saat melakukan pemanasan dan pendinginan.

3. Membakar Kalori dan Lemak

Senam zumba merupakan jenis olahraga yang dirancang untuk membakar kalori dan lemak lewat aktivitas aerobik dengan training interval. Dengan adanya gerakan tari yang dirancang khusus untuk menyediakan intensitas interval baik dalam kecepatan dan jenis gerakan, para peserta yang mengikuti latihan dapat membakar kalori dan lemak secara efektif.

Nah, itu tadi beberapa informasi seputar senam zumba, selain menyenangkan ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Tertarik untuk mengikutinya? Tapi jangan lupa baca juga yang ini: Manfaat Senam Lantai
Advertisement

Artikel Lainnya :-D