Kandungan Gizi Daging Ayam dan Manfaat bagi Kesehatan


Kandungan Gizi Daging Ayam


Ayam adalah hewan yang digolongkan dalam kelompok unggas, hewan ini sangat mudah dibeli di Indoneisa karena banyak dijual dipasaran. Ayam merupakan unggas yang telah lama dikonsumsi dan diternakkan sejak ribuan tahun yang lalu. Sampai pada abad ke-19, ayam masih dipelihara dengan tujuan untuk diambil daging dan telurnya. Pada abad ke-20, orang-orang pada masa itu sudah membuat perternakan ayam dalam skala besar maupun kecil. Perternakan ayam dalam sekala besar mampu menghasilkan banyak sekali varian ayam, seperti ayam Inggris, Asiatic, Amerika, Mediterania, Plymouth Rock, Black Chocin, New Hampshire dan lain sebagainya.

Daging Ayam mempunyai manfaat bagi kesehatan karena di dalam daging ayam mengandung vitamin, mineral dan protein tinggi. Mengonsumsi daging ayam juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah, membantu program diet menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol dan  mencegah resiko terkena penyakit kanker.

Kandungan Nutrisi Daging Ayam per 100 gram


Kandungan Gizi Daging AyamDaging Ayam mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Protein yang terdapat di dalam daging ayam berupa asam amino. Asam amino sendiri berfungsi untuk membangun otot di dalam tubuh. Kemudian, di dalam 100 gram daging ayam terdapat kandungan 18 gram protein. Selain itu, daging ayam juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak. Kandungan tersebut dapat melengkapi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Untuk vitamin dalam daging ayam terdiri dari beberapa jenis, ada vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan menajamkan pengelihatan. Vitamin B  berperan untuk mengatasi dan mencegah katarak, menjaga sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan, sistem saraf, serta dapat mengatasi gangguan jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi. Vitamin D berperan untuk membantu penyerapan kalsium serta menguatkan dan menyehatkan tulang.

Kandungan mineral di dalam daging ayam terdiri dari zat besi dan fosfor yang berfungsi untuk mencegah anemia, menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi serta dapat memperlacar sistem metabolisme tubuh.


Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Tak sampai disitu, daging ayam juga mempunyai manfaat sebagai berikut :
  1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker
  2. Mengurangi Resiko Penumpukan Kolesterol
  3. Mengontrol Tekanan Darah
  4. Meringankan Gejala Flu
  5. Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaat daging ayam, penulis juga menyarankan untuk tetap berhati-hati pada saat memilih dan membeli daging ayam. Hal itu disebabkan karena adanya pedagang nakal yang menjual ayam yang tidak segar. Kemudian penting juga untuk memperhatikan cara pengolahan daging ayam yang benar supaya tidak merusak dan menghilangkan kandungan gizi serta manfaatnya.  
Advertisement

Artikel Lainnya :-D