Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Blueberry

Pada jaman dahulu, blueberry hanyalah tanaman liar dan buahnya jarang dikonsumsi oleh masyarakat. Namun seiring dengan perkembangan jaman, buah ini sudah banyak dikembangkan dan dibudidayakan karena memiliki rasa yang enak dengan warnanya yang menarik sehingga sering dicari untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti es krim, pudding, komponen membuat kue, minuman segar, dipakai untuk hiasan kue ataupun pewarna alami.

Di sisi lain, blueberry juga dicari karena mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi buah ini dibandrol dengan kisaran harga yang cukup mahal. Hal itu membuat masyarakat yang memiliki perekonomian di bawah rata-rata tidak pernah merasakan cita rasa dan khasiat buah biru ini. 

Khasiat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

  
Manfaat dan Kandungan Blueberry1.      Mengobati Penyakit Kanker
Kandungan antioksidan di dalam blueberry mempunyai kemampuan untuk menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker di dalam tubuh. 

2.     Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 
Selain dapat mengobati penyakit kanker, kandungan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena terdiri dari kandungan vitamin C yang berperan untuk merangsang produksi sel-sel darah putih di dalam tubuh. 

3.      Mempunyai Sifat Anti-inflamasi (Anti-peradangan) 
Selanjutnya, kandungan antioksidan di dalam buah biru ini memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan di kulit seperti gatal alergi, berjerawat dan gangguan kulit lainnya. 

4.      Memperlancar Sistem Pencernaan 
Kandungan selulosa di dalamnya mempunyai kemampuan untuk memperlancar sistem pencernaan karena zat tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan dan dapat mencegah penyakit sembelit. 

5.      Mencegah Penuaan Dini
Bersamaan dengan kandungan vitamin E, antioksidan dan antosianin masing-masing berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini serta dapat memberikan nutrisi untuk kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang dan sehat. 

6.      Menjaga Kesehatan Mata 
Kandungan vitamin A yang cukup tinggi berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan serta dapat mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti mata rabun dan mata katarak. 

Itu tadi, macam-macam khasiat buah blueberry bagi kesehatan tubuh, khasiat tersebut bisa didapatkan secara maksimal apabila dikonsumsi secara teratur. Penting juga untuk mengkonsumsi buah-buahan lainnya karena setiap buah-buahan mempunyai kandungan gizi dan khasiat bagi kesehatan tubuh agar asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh menjadi seimbang. Nah kalau ini kan blueberry, sekarang yuk kita ketahui lagi jenis lainnya. Mari dibaca: Manfaat Buah Cranberry
Advertisement

Artikel Lainnya :-D