Manfaat Buah Cranberry bagi Kesehatan dan Mencegah Penyakit

Khasiat Buah Cranberri

Buah cranberry merupakan buah yang masih dalam keluarga buah berry. Buah ini berasal dari daratan Amerika dan dapat bertahan dalam kurun waktu dua bulan. Cranberry merupakan buah yang sering dihidang pada perayaan tertentu di daerah asalnya. Buah yang berwarna merah menggoda ini juga kaya akan nutrisi dan termasuk dalam makanan yang sehat. Buah cranberry bergerombol dan daunnya berwarna hijau.

Manfaat Buah Cranberri untuk Kesehatan

Buah cranberry mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, ada pula kandungan vitamin E, vitamin C, vitamin B-12, vitamin K, kalsium, magnesium, asam folat dan nutrisi lainnya.

Manfaat Buah Cranberry

  • Mencegah Infeksi Pada Saluran Kemih

Infeksi pada saluran kemih bisa terjadi akibat kuman, bakteri atau virus. Untuk mengatasinya dapat menggunakan cranberry dengan cara mengkonsumsinya secara rutin. Fungsinya adalah mampu membunuh kuman, bakteri dan virus penyebab infeksi pada saluran kemih dan menghilangkan kuman yang mengendap pada ginjal.

  • Mencegah Tumor

Buah cranberry memiliki kandungan senyawa polifenol yang sangat tinggi, sehingga mampu mencegah tumbuhnya sel penyebab tumor dalam tubuh. Cranberry dapat dijadikan jus yang memiliki rasa yang lezat dan baik bagi kesehatan apabila sering dikonsumsi secara teratur. Selain itu juga dapat menghentikan tumbuhnya tumor yang dapat menyebar serta merusak organ penting lainnya.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam buah cranberry mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi kadar lemah dalam tubuh. Dampaknya, membuat jantung menjadi sehat dan terhindar dari penyakit  jantung yang dapat mengancam nyawa.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Cranberry mempunyai kandungan proanthocyanidine yang mampu menjaga kesehatan gigi dari bakteri penyebab kerusakan pada gigi dan mencegah timbulnya plak gigi.

  • Mencegah Penyakit pada Sistem Pernafasan

Buah cranberry mempunyai kemampuan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada organ pernafasan. Salah satunya adalah influenza merupakan penyakit disebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan infeksi pada pernafasan dan telinga anak – anak.

  • Mencegah Obesitas

Kandungan asam organik di dalam buah cranberry sangat efektif untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Caranya cukup mudah hanya dengan mengkonsumsi jus dari buah cranberry setiap hari.


Buah cranberry memang kecil bentuknya, namun besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, mengkonsumsi bauh cranberry sangatlah baik bagi kesehatan apabila dalam porsi yang wajar, karena yang berlebihan itu tidaklah baik bagi kesehatan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D