Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Cara Mencegah Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang terdapat di jaringan payudara dan paling sering diderita oleh kaum hawa. Kanker ini dimasukan ke dalam jenis penyakit yang ganas dan telah diderita oleh banyak wanita di dunia. Gejala terjadinya kanker payudara adalah adanya benjolan di payudara, erosi putting susu, dan keluarnya cairan secara spontan melalui putting susu.

Cara alami mencegah penyakit kanker payudara
 Image Source: pixabay.com
Penyakit kanker payudara bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hormon, genetik, terkena radiasi, gangguan reproduksi, diabetes, tingginya lemak dalam tubuh dan penyakit fibrokistik. Untuk mengatasi penyakit ini biasanya dengan melalui proses operasi atau kemoterapi dan tidak sedikit nyawa yang tidak tertolong karena penyakit ini. Namun, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Untuk itu berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kanker payudara yang dapat diterapkan di kehidupan sehari – hari.



Tips Mencegah Kanker Payudara Wanita Secara Alami



  • Konsumsi Sayuran dan Buah – Buahan
Hampir semua jenis sayuran memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kanker payudara, seperti kubis, brokoli, kecambah, kembang kol, bayam , sawi, kangkung, tomat, dan wortel. Sayuran tersebut dapat dijadikan salad karena tidak akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya dibandingkan dimasak terlebih dahulu. Sedangkan untuk jenis buahnya ada buah jeruk, ceri dan berry yang dipercaya memiliki kandungan yang dapat mencegah kanker payudara.


  • Teratur Berolahraga
Menurut sebuah penelitian dengan berolahraga secara rutin dan teratur selama 30 menit dapat terlindungi dari bahaya terkena kanker payudara. Olahraga tersebut bisa jalan cepat, lari atau senam.


  • Kurangi Lemak
Jenis lemak yang dapat menjadi penyebab timbulnya kanker payudara adalah lemak trans, lemak omega-6, dan lemak jenuh. Konsumsi jenis lemak omega-3 yang dapat diperoleh dari ikan tuna dan ikan salmon. Kemudian lemak tak jenuh dari jenis kacang – kacangan, minyak zaitun, dan alpukat. Jenis – jenis makanan tersebut secara umum mempunyai sifat anti kanker, sehingga dapat melindungi dan mencegah tumbuhnya sel kanker.


  • Perhatikan Porsi Karbohidrat  
Minimalkan atau hindari konsumsi makanan yang memicu tingginya indeks glikemik, seperti nasi putih, gula, kentang, dan produk berbahan dasar nasi yang dapat memicu tumbuhnya sel pada jaringan payudara. Sebaiknya, ganti dengan mengkonsumsi jenis kacang – kacangan karena tinggi kandungan serat dan lignan.


  • Positif Thinking dan Hindari Rokok
Berfikir positif dengan secara teratur selalu menyenangkan diri bersama keluarga dan teman – teman sehingga menciptakan kehangatan dan saling menguntungkan dapat mengurangi resiko kanker. Selain itu, cuku tidur 8 jam per hari dan hindari juga merokok bagi wanita karena menurut penelitian dapat menimbulkan resiko terkena penyakit kanker payudara dalam waktu jangka panjang dan beberapa resiko lainnya akibat merokok.


  • Menyusui
Banyak kasus seorang ibu yang demi menjaga kecantikan dan bentuk tubuhnya tidak mau menyusui, sehingga memilih menggunakan susu formula untuk si bayi. Padahal pemberian susu formula lebih rentan terkena penyakit dibanding pemberian ASI terhadap kesehatan bayi. Secara umumnya wanita menyusui bayinya sampai usia maksimal satu tahun dan minimal di usia 6 bulan, jadi dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.


Nah, itulah tadi cara mencegah timbulnya kanker payudara yang dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor, seperti pola makanan, pola hidup, dan genetika. Jadi, sebaiknya lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena mencegah tidak membutuhkan biaya yang mahal dari pada mengobati. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D