Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi secara Alami

KesehatanPedia.com - Pada saat musim penghujan, merupakan musim waktu berkembang dan tumbuhnya para nyamuk. Sebab banyak genangan nyamuk dimana – mana dan nyamuk dapat berkembang biak disana. Tak jarang banyak orang yang menjadi korban karena gigitannya, salah satunya adalah balita. 
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Balita juga akan sangat rentan terkena gigitan nyamuk, terlebih bila tanpa pengawasan orang tua. Kulitnya yang masih sensitif dan lembut, membuatnya ketika tergigit nyamuk akan menimbulkan bercak dan bintik – bintik merah pada kulit si bayi. Bagi seorang ibu, pastinya akan timbul rasa khawatir ketika melihat kulit buah hatinya mengalami bintik – bintik merah.

Untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk tersebut, sebaiknya jangan menggunakan obat – obatan kimia untuk kulit bayi. Begitu juga saat mencegah nyamuk datang di kamar atau di rumah, sebaiknya jangan gunakan obat nyamuk bakar atau semprot sebab dapat membahayakan kesehatan bayi. Lebih baik gunakan selambu atau kelambu sebagai penutup si bayi saat tidur sehingga terhindar dari gigitan nyamuk.

Namun, apabila si buah hati sudah mengalami gigitan nyamuk dan menimbulkan bekas gigitan memerah pada kulit,  sebaiknya segera diatasi. Sebab banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk tersebut dengan menggunakan bahan – bahan alami yang aman untuk kulit, seperti berikut ini!

Tips Mengobati Bekas Gigitan Nyamuk yang Susah Hilang bagi Anak Balita 

  • Kulit Pisang
Pisang merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia, hampir semua bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan. Mulai dari akar, batang, daun, buah sampai jantung pisang pun dapat dimanfaatkan. Begitu pula dengan kulit pisang, selain dapat digunakan sebagai pengganti semir sepatu, kulit pisang juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gigitan nyamuk. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan kulit pisang bagian dalamnya saja pada bagian yang terdapat bakas gigitan nyamuk.

  • Kentang
Kentang tidak hanya digunakan sebagai menu makanan diet dan tinggi akan kandungan karbohidrat di dalamnya, namun dapat pula dijadikan sebagai obat untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk pada balita dengan cara menggunakan bagian kulit kentang. Caranya, siapkan satu buah kentang segar cuci bersih. Kemudian kupas kentang dan ambil kulitnya, lalu kulit bagian dalamnya digosokkan secara perlahan pada kulit bayi. Kenapa kulit kentang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk? Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan potassium pada kulit kentang yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dan luka. Selain itu, aman untuk kulit bayi yang masih sensitif dan lembut.

  • Bawang Putih dan Bawang Merah
Untuk menggunakan bawang putih dan bawang merah sebagai obat mengatasi bekas gigitan nyamuk, mengaplikasikannya cukup mudah. Caranya, belah bawang putih atau bawang merah menjadi dua bagian. Kemudian oleskan secara perlahan pada kulit bayi. Nah, cara ini dapat mengatasi bekas gigitan nyamuk pada bayi sebab di dalam bawang putih dan bawang merah terdapat kandungan antibakteri yang dapat mengobati luka.

  • Lidah Buaya
Lidah buaya tidak hanya dapat bermanfaat sebagai bahan dasar sampo yang mampu menyehatkan dan membuat rambut lebih hitam, namun juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk dan radang. Caranya, siapkan lidah buaya satu tangkai, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, ambil gel  lidah buaya yang berwarna puih transparan di bagian tengah lidah buaya. Gel tersebut lalu oleskan pada kulit bayi yang ada bekas gigitan nyamuk. Nah, dengan menggunakan lidah buaya pastinya bekas gigitan nyamuk pada kulit balita akan cepat sembuh. Hal ini dikarenakan gel dari lidah buaya memiliki kandungan aloesin di dalamnya yang bersifat anti inflamasi sehingga bagus untuk menyembuhkan luka akibat gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

  • Lemon
Buah lemon dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi. Caranya, satu buah lemon segar, lalu belah menjadi dua bagian. Peras sampai keluar airnya pada suatu wadah. Kemudian ambil kapas atau cotton bud, lalu celupkan ke air perasan lemon tadi dan oleskan pada kulit bayi yang terdapat bekas gigitan nyamuk. Lemon memiliki sifat antiseptik yang baik untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk supaya tidak mengalami iritasi.


Nah, itulah tadi beberapa macam cara untuk mengatasi bekas gigitan pada kulit bayi. Jadi, untuk mengobati bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi sebaiknya gunakan bahan yang aman untuk si buah hati sebab kulitnya masih sangat sensitif dan lembut. Pastinya sebagai orang tua tidak ingin menyakiti buah hatinya dengan menggunakan bahan yang non alami dan dapat menimbulkan beberapa macam gangguan pada si bayi bukan? Semoga bermanfaat! Jangan lupa baca: Tips Agar Bayi Mau Makan dengan Lahap (kes/sam)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D