Manfaat Daun Binahong untuk Jantung Sehat

Manfaat daun binahong untuk jantung tentunya sudah tak diragukan lagi mengingat tanaman ini mengandung zat alami dan berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman ini mungkin masih asing ditelinga beberapa orang. Daun binahong bukanlah tanaman obat yang asli tumbuh di Indonesia. Banyak orang yang menyebut tanaman ini berasal dari Korea, namun tanaman tropis ini dapat kita jumpai tumbuh subur di kawasan Asia dan Afrika. Daunnya dikenal dapat dijadikan sebagai obat pencegahan atau penyembuhan penyakit seperti kencing manis, tekanan darah rendah, sesak nafas, dan lain sebagainya.

Manfaat daun binahong untuk jantung sehat
Image Source: pixabay.com
Binahong termasuk dalam familia Basellaceae, dengan nama latin Anredera cordifolia di Inggris juga disebut Basellaceae rubra Linn atau dikenal dengan sebutan Basella alba. Tumbuhannya termasuk jenis tumbuhan liar yang merambat atau memanjat, hingga mencapai 6 cm panjangnya. Bentuk daunnya seperti daun sirih, ujung dan pangkal tumpul, panjang 17 cm dan lebar 1-13 cm. tanaman ini biasanya tumbuh liar, kadang juga dijadikan pagar atau tanaman hias. Binahong dapat ditemukan di ketinggian 1-500 m diatas permukaan laut.

Kandungan Daun Binahong

Dalam daun binahong mengandung sifat kimia serta efek farmakologis sebagai berikut :
  • Karoten
  • Asam organic
  • glucan C
  • D  galaktosa
  • L – arabinosa
  • L – rhamnose
  • Asam aldonat.

Selain itu terdapat kandungan senyawa phytochemical fenolik dan sifat antioksidan yang mampu mencegah dan membantu penyembuhan penyakit. Ditambah lagi binahong mengandung saponin dan vitamin A, vitamin B serta vitamin C.

Apa khasiat daun binahong bagi jantung ?


Kolesterol atau lemak jahat merupakan ancaman yang membahayakan jantung dalam aktivitasnya. Dengan mengkonsumsi daun binahong yang diseduh yang mirip dengan teh celup terbukti mampu untuk menurunkan resiko kolesterol tinggi dengan mengkonsumsinya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Setelah 2 pekan, akan Anda rasakan perbedaan yang cukup signifikan. 

Dalam memanfaatkan daun binahong juga tidak boleh sembarangan. Yang dimaksud disini sembarangan yaitu jangan mempercayakan daun ini sepenuhnya sebagai obat. Jadikanlah daun binahong ini sebagai obat dalam upaya pencegahan. Jika Anda sudah terlanjur mempunyai penyakit stroke, jantung, diabetes dan penyakit lainnya, lebih baik Anda konsulitasikan dengan dokter supaya penggunaannya dapat seiring dan sejalan sehingga penyakit yang Anda derita tetap terkontrol dengan baik.


Semoga artikel mengenai manfaat daun binahong untuk jantung ini bisa berguna bagi Anda yang membacanya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D