Penyebab Tangan / Kaki Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kesemutan dan Tips Mengobatinya

Setelah duduk sila atau dalam keadaan dimana tubuh tidak berubah posisinya dalam jangka waktu yang lama maka akan mengalami kesemutan. Hal tersebut ditandai dengan bagian tubuh yang kesemutan seperti mati rasa, dicubit tidak sakit, nyeri, dan bagian tubuh yang kesemutan terasa seperti membesar.

Kesemutan merupakan gangguan pada tubuh manusia yang gampang – gampang susah untuk diatasi. Kesemutan dapat terjadi disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf tepi, yaitu saraf yang ada di luar jaringan otak. Sehingga kesemutan biasa terjadi pada bagian tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya.  Gangguan tersebut seperti adanya penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan kolesterol, terhentinya aliran darah karena tertindih terlalu lama, gangguan metabolisme atau karena penyakit diabetes, atau adanya infeksi di jaringan ikat.

Penyebab Sakit Kesemutan


  • Kolesterol
Bagi penderita kolesterol akan sering mengalami kesemutan. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar kolesterol jahat yang menyumbat aliran darah. Untuk itu disarankan supaya menghindari makanan yang beresiko memicu naiknya kadar kolesterol, seperti jenis kacang – kacangan, gorengan, jeroan, dan makanan pemicu kolesterol jahat lainnya. Selain itu, tingginya kolesterol juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya, seperti serangan jantung.

  • Kurang Vitamin B1
Tubuh kekurangan vitamin B1 juga dapat mengalami kesemutan. Sebaiknya, cukupi kebutuhan vitamin per harinya dan beberapa macam gizi lainnya supaya terhindar dari kesemutan.

  • Diabetes
Kenapa penderita diabetes beresiko lebih sering mengalami kesemutan? Hal ini dapat saja terjadi karena pada saraf tepi penderita diabetes mengalami gangguan yang diakibatkan kurangnya makanan pada saraf tersebut, sehingga terjadilah kesemutan.

  • Infeksi Jaringan Ikat
Infeksi yang terjadi di jaringan ikat dapat mengakibatkan kesemutan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya tekanan pada serabut saraf di daerah yang mengalami infeksi jaringan ikat. Alhasil memicu timbulnya kesemutan.


Nah itulah tadi penyebab terjadinya kesemutan, terus bagaimana cara untuk mengatasi kesemutan tersebut? Sebenarnya untuk mengatasi kesemutan merupakan hal yang gampang – gampang susah untuk dilakukan. Kadang bisa dengan menggerakkan bagian yang kesemutan atau dengan cara merendam bagian yang kesemutan dengan air (Tradisional). Namun, cara tersebut mungkin belum efektif untuk dilakukan. Nah, untuk itu supaya terhindar dari kesemutan dan cara mengatasinya bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Cara Menghilangkan / Mengobati / Menyembuhkan Telapak Tangan / Kaki dll yang Kesemutan

  • Rutin Berolahraga
Penyebab tangan / kaki kesemutan dan cara mengatasinya

Image Source: pixabay.com
Kesemutan biasanya disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar dalam tubuh. Untuk itu, dengan berolahraga secara rutin dapat mengatasi dan terhindar dari kesemutan. Hindari pula duduk atau dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, seperti duduk sila, tengkurap, tidur dengan tangan yang ditindih, dll.

  • Istirahat Sebentar
Setiap anggota tubuh memerlukan istirahat untuk kembali pada kondisi semula. Hal ini sering terjadi pada pekerja kantor atau yang pekerja ruangan yang sering juga lupa mengistirahatkan tubuhnya, mungkin karena keasyikan bekerja atau dikejar decline. Nah, kondisi inilah yang rawan mengalami kesemutan. Oleh karena itulah mengistirahatkan tubuh saat bekerja sangat diperlukan. Caranya bisa berdiri dari tempat duduk, lalu berjalan – jalan sebentar atau bisa juga sekedar meregangkan tubuh dengan stretching ringan.

  • Penuhi Kebutuhan Vitamin B1
Fungsi utama dari vitamin B1 adalah menjaga kesehatan sistem saraf. Nah, apabila kekurangan vitamin ini dapat mengalami gangguan rangsangan atau aliran respon sistem saraf. Oleh karena itu cukupi kebutuhan vitamin B1 dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti sayur hijau, biji – bijian dan daging merah. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut kebutuhan vitamin B1 dapat tercukupi dan terhindar dari kesemutan.

  • Perhatikan Posisi Duduk
Posisi duduk yang salah dan terlalu lama dapat memicu terjadinya kesemutan. Contohnya saat duduk bersila yang kebanyakan tidak merubah posisi duduknya. Sebaiknya sesekali ubah posisi kaki saat bersila. Selain itu saat bekerja menggunakan komputer, perhatikan posisi duduk yang benar dan perhatikan ketinggian kursi yang pas serta nyaman saat mengetik seperti tidak kerendahan atau tidak ketinggian. Hindari pula terlalu lama menyilangkan kaki, terlalu lama menggantung kaki, dan perhatikan juga saat mengetik untuk tidak membiasakan pergelangan tangan menyentuh meja.

  • Perhatikan Posisi Tidur
Posisi tidur atau kebiasaan tidur yang salah dapat menimbulkan kesemutan saat terbangun, seperti leher tegang, pegal – pegal dan kesemutan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari posisi tidur tengkurap dan tidur dengan menindih tangan yang dapat memicu terjadinya kesemutan. Selain itu, perhatikan juga alas atau kasut untuk tidur karena juga berperan dalam mencegah kesemutan. Gunakan alas yang tidak keras atau empuk supaya tidur lebih nyaman dan terhindar dari kesemutan saat bangun di pagi hari.

  • Hindari Minuman Beralkohol
Kenapa miras atau minuman beralkohol dapat mengakibatkan kesemutan? Hal ini dikarenakan minuman keras dapat mengakibatkan metabolisme vitamin B1 rusak, sehingga menyebabkan gangguan pada sistem saraf. Sebaiknya, hindari minum minuman beralkohol dan minuman keras selain tidak baik bagi kesehatan tubuh juga dapat memicu timbulnya kesemutan.

Nah, demikian tadi penyebab kesemutan dan tips mengatasi kesemutan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D