Menu Makanan & Minuman Sehat Bergizi Seimbang untuk Sarapan Pagi

Resep menu makanan dan minuman sehat untuk sarapan pagi

Sebelum tubuh melakukan berbagai aktivitas tentunya tubuh memerlukan energi. Biasanya energi itu didapatkan dengan kebiasaan makan pagi atau yang sering disebut dengan sarapan. Sarapan adalah kebiasaan yang harus dilakukan setiap orang karena bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh dan aktivitas sehari-hari. Tubuh memerlukan banyak pasokan energi, zat serta senyawa lainnya seperti vitamin, dan lain sebagainya.

Untuk itu sangat dianjurkan makan makanan yang bernutrisi di pagi hari untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh dan fisik Anda, sebelum melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Memilih menu sarapan yang sesuai adalah hal yang penting untuk diketahui.

Apa menu makanan & minuman sehat untuk sarapan pagi?

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai makanan yang dianjurkan sebagai menu sarapan.

Menu Sarapan Pagi Makanan Minuman Sehat


1.      Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Anda bisa memilih nasi beras, jagung, atau kentang sebagai sumber karbohidrat harian.

2.      Makanan yang Mengandung Protein

Pilihlah lauk yang mengandung banyak gizi seperti daging dan Telur. Telur sendiri merupakan makanan yang dianjurkan sebagai menu sarapan pagi. Di dalam telur terdapat kandungan protein dan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi sangat dianjurkan untuk makan telur rebus daripada telur goreng. Hal itu dikarenakan telur goreng akan berdampak pada meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh.

3.      Sayuran Sehat

Konsumsilah sayuran sehat seperti bayam, brokoli dan jenis sayuran sehat lainnya. Mengonsumsi sayuran hijau sangat baik bagi kesehatan tubuh.

4.      Buah-Buahan

Jangan lupa juga konsumsi buah-buahan saat pagi, contohnya adalah :

a.      Buah Melon

Di dalam buah melon terdapat kandungan vitamin A dan C yang berperan untuk menutrisi tubuh. Selain itu buah ini mengandung air yang melimpah yang dapat mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh di pagi hari.

b.      Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang dianjurkan sebagai menu sarapan. Dari teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis, ternyata terdapat kandungan karbohidrat yang berperan untuk memberikan energi dan membuat Anda merasa kenyang. Selain itu di dalam buah pisang terdapat kandungan potassium yang berperan untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

c.       Buah Semangka

Di dalam buah semangka terdapat kandungan air yang melimpah, sama seperti buah melon. Buah ini juga berfungsi untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Disamping itu di dalam buah semangka terdapat kandungan likopen yang berperan untuk menyehatkan jantung dan mata serta dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.

d.      Buah Stroberi

Stroberi mengandung sumber antioksidan, vitamin C, asam folat serta kaya akan serat. Stroberi juga dapat berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

5.      Minum Susu & Jus Buah

Susu ataupun jus buah baik sekali bagi kesehatan. Anda bisa menambahkannya ke dalam menu sarapan pagi Anda.


Sarapan merupakan kebiasaan sehari-hari yang berpengaruh untuk kesehatan tubuh. Untuk itu sangat diharapkan untuk cermat memilih makanan yang akan dikonsumsi sebagai menu sarapan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D