Manfaat Mengkonsumsi Coklat untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi Cokelat Pada Masa Kehamilan

Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Pasti semua orang dari anak – anak sampai yang sudah tua masih menyukai makanan yang memiliki rasa manis ini. Namun, ada pula yang beranggapan jika ibu hamil tidak diperbolehkan memakan cokelat, katanya dapat mengakibatkan kegemukan dan obesitas pada si bayi. Padahal, ada manfaatnya juga jika ibu hamil memakan cokelat, karena cokelat memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil.
Manfaat mengkonsumsi coklat untuk ibu hamil

Image Source: pixabay.com

Menurut sebuah studi, memakan cokelat pada masa kehamilan dapat terhindar dari resiko preeclampsia dan kadar protein yang berlebih dalam urine. Seperti yang kita ketahui, jika memakan cokelat dapat memberikan rasa tenang, senang, bahagia dan nyaman pada ibu hamil. Tetapi, cokelat yang dimaksud disini untuk ibu hamil adalah dark cokelat bukan yang lain.

Manfaat Makan Dark Cokelat bagi Ibu Hamil


Dark cokelat memiliki kandungan zat kimia yang dikenal dengan nama theobromine yang bermanfaat untuk merilekskan otot yang kaku, menstimulasi jantung dan juga melancarkan peredaran darah. Nah, berikut ini ada fakta mengenai manfaat dark cokelat bagi ibu hamil yang diketahui.

  • Kaya Antioksidan

Dark cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas, sehingga terhindar dari resiko kanker. Selain itu, dark coklat dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

  • Membuat Happy

Di dalam dark cokelat mengandung senyawa yang membuat rasa senang, gembira dan nyaman. Tak heran orang yang memakan cokelat akan bawaannya akan selalu happy, apalagi bagi ibu hamil yang rentan stress. Selain itu, cokelat juga dapat menjadi mood booster bagi ibu hamil atau seseorang yang sedang galau, stress dan lagi tidak mood.

  • Menghaluskan Kulit

Selain menyehatkan, mengkonsumsi dark cokelat juga bisa membuat kulit ibu hamil menjadi lebih halus dan melindungi kulit dari sinar UV.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil yang mengkonsumsi dark cokelat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terkena serangan penyakit.


Jadi, bagi ibu hamil tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi dark cokelat, karena tidak berbahaya bagi kesehatan janin bila tidak berlebihan. Selain itu, dark cokelat juga kaya manfaat, kandungan cokelatnya tinggi, tidak terlalu manis sehingga terhindar dari resiko obesitas atau kegemukan. Tetapi, perlu diingat pula untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi cokelat, sebab yang berlebihan itu tidak selalu baik bagi kesehatan ibu dan janin.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D