4 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh & Mata

Manfaat Menangis / Meneteskan Air Mata untuk Kesehatan

Setiap orang pastinya pernah menangis, entah menangis karena sedih atau karena bahagia. Dengan menangis, seseorang dapat mengeluarkan semua emosi, keluh kesah, dan unek – unek di dalam diri. Namun, mayoritas manusia yang sering menangis adalah kaum hawa yang dianggap lemah dan sensitif. Padahal menangis memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Jadi, apa benar menangis itu menyehatkan? 


Manfaat menangis bagi kesehatan tubuh & mata

Image Source: pixabay.com

Manfaat Menangis / Mengeluarkan / Meneteskan Air Mata bagi Kesehatan


1. Meningkatkan Mood 

Rasa lega dan baikan pasti akan dirasakan oleh setiap orang setelah menangis. Sebelum menangis, seseorang akan menyimpan rasa stres atau perasaan yang buruk di dalam diri, sehingga jalan salah satunya untuk mengeluarkannya dengan menangis. Dengan menangis mood yang hilang akan kembali dan dapat juga menghilangkan rasa stress. Jadi, jangan ragu dan malu untuk menangis. 

2. Menurunkan Kadar Mangan 

Jika tubuh terlalu banyak kelebihan mangan dalam tubuh dapat mengakibatkan mood menjadi berantakan. Dengan menangis, baik menangis sedih atau menangis senang dapat membuat perasaan menjadi stabil. Sebab, menangis dapat menurunkan kadar mangan dalam tubuh. 

3. Membersihkan Mata

Air mata berguna untuk membuat mata tetap basah agar terhindar dari kerusakan mata akibat mata kering, sehingga mata dapat melihat dengan bak dan bekerja secara normal. Air mata juga dapat membersihkan mata dari kotoran, seperti debu atau bakteri masuk ke mata, yang dapat membuat mata merah. Jadi, air mata yang keluar saat menangis memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mata. 

4. Menurunkan Hipertensi 

Menangis ternyata dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh tangisan yang dapat menghilangkan garam dan tekanan dalam tubuh seseorang. Jadi, menangislah saat stress bagi penderita hipertensi supaya tekanan darah dapat turun. 


Nah, itulah tadi manfaat menangis bagi kesehatan. Jadi, menangis bukanlah hal yang hanya sering dilakukan oleh para kaum hawa. Setiap orang pasti dapat menangis, baik menangis sedih atau bahagia. Dengan menangis semua emosi dan perasaan yang mengganjal di hati dapat terutarakan, sehingga membuat perasaan menjadi lega dan menyehatkan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D