Manfaat Makan Ikan Belut bagi Kesehatan

Khasiat Mengkonsumsi Ikan Belut

Belut merupakan jenis hewan yang biasa hidup di dalam lumpur dan banyak di temukan di Indonesia. Kebanyakan orang pasti tidak suka dengan binatang satu ini karena bentuk dan badannya yang licin serta membuat geli. Hewan yang bernama latin Monopterus albus merupakan hewan yang memiliki bentuk menyerupai ular atau saudaranya yang ada di laut.  Belut juga mempunyai kulit yang licin dikarenakan adanya lendir pada kulitnya dan termasuk ke dalam hewan nokturnal. Nah, sebab itulah banyak orang yang tidak ingin memegang hewan satu ini bahkan enggan untuk mengkonsumsinya. Padahal, belut bisa dikonsumsi dan mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Ikan Belut

Kandungan gizi pada belut sendiri ada cukup banyak dan mirip dengan jenis ikan – ikan lain. Kandungan tersebut seperti omega-3, omega-6, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin B12, kalori, magnesium, kolesterol, seng, selenium, folat, fosfor, dll. Sehingga, belut merupakan sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ada beberapa manfaat dari belut bagi tubuh.

Manfaat Konsumsi Ikan Belut

Ikan Belut

  • Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang dikarenakan kekurangan zat besi dalam darah. Belut mempunyai kandungan zat besi yang bagus untuk mencegah terjadinya anemia tersebut. Caranya, dengan mengkonsumsi belut baik digoreng atau dibakar.

  • Baik untuk Pertumbuhan

Kandungan protein yang banyak pada belut dapat bermanfaat bagi masa pertumbuhan anak – anak. Dengan menghidangkan belut sebagai makanan alternatif atau variasi makanan bagi si anak.

  • Menguatkan Tulang

Ternyata belut juga dapat menguatkan tulang. Terbukti dari kandungan gizi yang banyak dalam belut, sehingga dapat menjadi makanan penguat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  • Menambah Stamina

Belum memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga dipercaya dapat menambah stamina bagi pria. Selain itu, kandungan kalori pada belut lebih besar daripada kandungan kalori yang ada pada telur.

Nah, itulah tadi khasiat belut bagi kesehatan. Jadi, tak selamanya hewan yang kelihatannya menggelikan atau menjijikkan itu tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita. Seperti halnya belut yang kebanyakan orang geli dengannya, namun memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh.


Untuk mendapatkan belut cukup mudah karena sekarang sudah banyak pembudidayaan belut. Apabila ingin mendapatkan belut secara langsung, bisa mendatangi area persawahan yang masih berlumpur seusai panen atau sesudah di bajak. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D