6 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Makanan untuk Menambah Kecerdasan Otak Anak

Kecerdasan pada anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keturunan, lingkungan dan makanan yang dikonsumsi. Untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak tidak mudah, perlu ketekunan untuk mengajari anak agar cerdas dan diperlukan juga makanan yang bergizi untuk menunjang kecerdasan otak supaya meningkat.

Faktor makanan memang harus diperhatikan dan menjadi salah satu kunci untuk menunjang kecerdasan otak. Makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dan sehat harus ada dalam menu makanan si anak, supaya dapat memenuhi kebutuhan gizi sehari – harinya. Jenis makanan penunjang kecerdasan tersebut akan membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada anak, selain itu juga dapat merangsang pertumbuhan sel otak. 


Makanan Sehat yang dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak bila Dikonsumsi


Nah, apa saja jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak pada anak? simak uraian berikut ini:


6 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak
Sumber Gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Prenatal_nutrition#/media/File:Milch-Jogurt-Fr%C3%BCchte.jpg


1. Yogurt dan Susu

Yogurt merupakan produk olahan dari susu yang rata – rata olahan tersebut mempunyai kandungan protein dan vitamin B. Kedua gizi tersebut berguna membantu pertumbuhan enzim dan jaringan otak. Selain itu, susu tinggi protein dan karbohidrat yang dapat membuat perut menjadi kenyang dan sebagai sumber energi bagi otak.

2. Sayuran Berwarna

Jenis – jenis sayuran yang berwarna memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi tinggi, sehingga dapat menyehatkan dan menguatkan sel otak. Selain itu, sayuran yang berwarna seperti bayam, wortel, ubi jalar, tomat dan labu juga disukai oleh anak – anak dan agar tidak membuat anak bosan dengan sayuran dapat dikreasikan menjadi makanan dengan bentuk yang unik, seperti kartun kesukaan atau binatang dan bunga – bunga.

3. Telur

Telur merupakan jenis bahan makanan yang tinggi akan protein dan mudah untuk didapatkan, selain itu harganya juga cukup terjangkau. Kuning telur merupakan bagian yang banyak mengandung kolin. Nah, kolin inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan memori pada anak.

4. Ikan Salmon

Siapa tidak kenal dengan ikan salmon yang sudah banyak diketahui akan tingginya kandungan omega-3. Kandungan inilah yang sangat berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak. Dengan terpenuhinya kebutuhan omega-3 setiap harinya dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam dan omega-3 pada ikan salmon sangat tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

5. Gandum Murni

Gandum murni memiliki manfaat sebagai penyuplai kebutuhan glukosa pada otak secara konstan dan stabil. Kandungan serat pada gandum berguna untuk mengatur proses pelepasan glukosa dalam tubuh. Selan itu, gandum murni juga memiliki kandungan vitamin B yang mampu memelihara sistem saraf agar tetap sehat.

6. Kacang – Kacangan

Jenis kacang – kacangan merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap, seperti karbohidrat kompleks, protein, omega-3, serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan terutama otak. Fungsi dari semua kandungan tersebut dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan meningkatkan energi supaya bertahan lebih lama pada anak – anak.

Demikian tadi jenis makanan penambah kecerdasan otak pada anak. Jadi, untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak tidak hanya di ajari ilmu pengetahuan saja, namun harus diimbangi dengan asupan makanan yang menunjang kecerdasan otak. Happy reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D