5 Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat & Manfaat Buah Tin

Buah tin merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan Asia bagian barat dan menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia dan sudah banyak olahan dari buah tin seperti sirup atau selai buah tin. Buah tin memiliki bentuk bulat dengan panjang sekitar 3 – 5 cm, memiliki warna hijau dan bergetah dengan warna putih. Getah tersebut apabila terkena kulit dapat mengakibatkan iritasi. Buah tin memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, seperti glukosa alami, vitamin C, kalium, garam, fosfor dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. 


Manfaat & Khasiat Konsumsi Buah Tin bagi Kesehatan & Mencegah Penyakit

Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa hanya dengan mengkonsumsi buah tin dapat menjamin kesehatan seumur hidup. Nah, untuk lebih jelasnya dan supaya tidak penasaran manfaat apa saja yang didapatkan dari mengonsumsi buah tin, simak penjelasannya berikut ini.

  • Mencegah Penyakit  Jantung
Buah tin memiliki kandungan pektin di dalamnya. Manfaat dari kandungan tersebut dapat mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengeluarkan kandungan kolesterol dalam darah yang dapat mengakibatkan penyumbatan dan akhirnya berujung pada terkena penyakit jantung.
  • Mencegah Diabetes
Buah tin yang kaya akan serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam usus, sehingga mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.


  • Menyehatkan Tulang dan Gigi
Khasiat buah tin untuk kesehatan tubuh
Image Source: commons.wikimedia.org
Buah tin kaya akan kandungan kalsium di dalamnya dan tidak kalah dengan jumlah kalsium dalam susu. Karena tingginya kandungan kalsium, buah tin dapat membuat tulang terhindari dari pengeroposan tulang atau osteoporosis dengan menjaga kepadatan tulang dan menjaga kesehatan gigi. Sehingga buah tin baik bagi anak usia pertumbuhan dan orang usia lanjut untuk memenuhi kebutuhan kalsium per harinya.


  • Menghilangkan Jerawat
Apabila mengalami masalah dengan jerawat, dapat diatasi dengan menggunakan buah tin. Caranya, lumatkan buah tin sampai halus, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.


  • Zat Antibiotik
Zat antibiotik dapat ditemukan dalam buah tin, oleh karena itu buah tin dapat digunakan untuk membersihkan luka. Caranya, haluskan buah tin secukupnya hingga halus, kemudian oleskan pada bagian yang terluka.

Demikian tadi manfaat mengkonsumsi buah tin bagi kesehatan. Jadi, buah tin merupakan buah yang telah ditulis dalam kitab suci Al-Quran dan Kitab agama kristen serta tidak diragukan lagi manfaat bagi kesehatan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D