Kandungan Gizi Gandum Utuh dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Gandum


Gandum merupakan tumbuhan yang digolongkan sebagai jenis serealis karena satu suku dengan padi. Jika dilihat dengan bentuknya, gandum dan padi mempunyai ciri-ciri yang tidak jauh berbeda. Di Negara India gandum merupakan makanan yang populer, karena masyarakat India banyak mengonsumsi gandum sebagai makanan pokok. Sebagai makanan pokok di Negara India, gandum diolah menjadi tepung atau yang disebut dengan atta. Namun, di Indonesia gandum kebanyakan hanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi roti dan mie.

Kandungan Nutrisi Biji Gandum dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang hampir atau setara dengan nasi. Gandum memiliki kandungan karbohidrat 60% hingga 80%, mineral 1.5 %  hingga 2%, protein 6% hingga 17% , lemak 1.5% hingga 2%, dan kandungan sejumlah vitamin lainnya. Selain kaya akan kandungan karbohidrat dan nutrisi, gandum juga bisa dijadikan sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Gandum dapat berperan menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis, seperti penyakit diabetes, jantung koroner, dan hipertensi. 

Biji gandum yang sudah diolah menjadi roti memiliki kandungan energi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mie dan nasi. Kandungan serat yang tinggi di dalam gandum memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga gandum cocok dikonsumsi sebagai menu diet sehat. Kandungan serat yang terdapat di dalam gandum juga sangat baik untuk sistem pencernaan karena dapat melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit dan dapat menyehatkan organ pencernaan.

Kandungan Gizi GandumSelain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam gandum mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Serat yang terdapat di dalam gandum dapat mengikat asam empedu dan lemak kolesterol yang akan dikeluarkan melaui feses. Serat di dalam gandum juga berfungsi sebagai zat anti kanker dan berperan sebagai pencegah penyakit jantung.

Gandum merupakan makanan yang memiliki kadar gula rendah. Hal itu akan membuat organ tubuh bekerja lebih ringan karena tidak perlu memproduksi insulin dalam jumlah banyak untuk mencerna dan  menyerap nutrisinya. Gandum juga mempunyai kandungan nutrisi seperti asam folat, niasin, magnesium, vitamin E, vitamin B2, dan vitamin B6.

Terkadang sebagai konsumen, kebanyakan orang tidak mengetahui tentang apa saja manfaat yang diperoleh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Alam telah memberikan banyak manfaat untuk memanjakan manusia, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal perlu diketahui cara pengolahan dan penyimpanan gandum dengan benar supaya kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang.

Semoga dengan membaca artikel mengenai kandungan gizi gandum dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh ini bermanfaat bagi Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D