Kandungan Gizi Daging Sapi Segar dan Manfaatnya

Siapa sih yang tidak mengenal daging sapi? Daging sapi merupakan daging yang mudah dijumpai hampir diseluruh dunia. Daging sapi memiliki ciri-ciri berwarna lebih merah, memiliki bau khas sapi dan memiliki serat daging yang lebih halus jika dibandingkan dengan daging kambing. Daging sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan masakan seperti dendeng sapi, steak, sosis sapi dan lain sebagainya.

Selain enak dan nikmat untuk dikonsumsi, daging sapi mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan tersebut tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini akan diuraikan mengenai kandungan nutrisi daging sapi!

Nilai Kandungan Nutrisi Daging Sapi Segar


1. Omega 3

Kandungan Gizi Daging SapiOmega 3 merupakan salah satu kandungan yang terdapat di dalam daging sapi. Omega 3 berperan untuk membantu sistem kerja jantung, hati, dan sistem pusat (otak). Di dalam 150 gram daging sapi terdapat 30 gram asam lemak omega 3.

2. Protein

Di dalam daging sapi juga terdapat kandungan protein. Protein adalah nutrisi yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak balita dan anak-anak. Selain itu, protein juga berperan sebagai pembetuk otot-otot baru di dalam tubuh.

3. Zat Besi

Daging sapi memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mempengaruhi rasa semangat belajar pada anak-anak.

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks yang terdapat pada daging sapi berfungsi untuk membantu sistem kerja otak sehingga dapat menjaga dan membantu konsertrasi serta daya ingat.

5. Seng atau Zinc

Selanjutnya adalah zinc, zinc merupakan kandungan yang terdapat di dalam daging sapi yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan dan meingkatkan proses pembentukan sperma.

6. Selenium

Yang terakhir adalah selenium. Daging sapi memiliki kandungan selenium yang berfungsi untuk membetuk antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak-anak.

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan atau lauk yang mudah ditemukan di pasaran. Kandungan gizi beserta manfaatnya akan didapatkan secara maksimal apabila menyimpan dan mengolahnya dengan cara yang benar. Jika sebaliknya, dalam artian tidak benar, maka justru akan menyebabkan kandungan gizi dan manfaat yang terdapat di dalam daging sapi menjadi hilang. Orang-orang pada jaman sekarang dituntut untuk menjadi konsumen cerdas. Hal itu bertujuan untuk lebih cermat dan teliti untuk memilih dan membeli daging sapi supaya terhindar dari bebagai masalah kesehatan yang serius.  
Advertisement

Artikel Lainnya :-D