Gejala Awal Penyakit Flu (Influenza) dan Cara Mengatasinya

Gejala Penyakit Influenza / Flu

Pancaroba adalah musim yang biasa menjadi musim bertebarnya aneka jenis penyakit. Apalagi jika daya tahun tubuh sedang menurun, maka aneka jenis penyakit pun biasanya mudah menyerang tubuh. Salah satu penyakit pada musim pancaroba yang paling sering adalah flu alias influenza. Flu merupakan infeksi virus yang menyerang pada sistem pernafasan seperti halnya hidung, tenggorokan serta paru-paru. Tak hanya itu, virus influenza juga gampang menular ke yang lain. Maka dari itu diperlukan penjagaan kesehatan dan perawatan yang baik untuk mencegah dari gejala penyakit flu.

Ciri / Tanda Gejala Awal Sakit Flu (Influenza)

Virus flu bahkan bisa pula menular lewat air liur atau uap air yang berasal dari bersin ataupun batuk dari penderita. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri-ciri gejala awal seseorang terkena influenza!

  • Mudah lelah dan mengantuk


Gejala awal penyakit flu (influenza) dan cara mengatasinya

Image Source: pixabay.com
Ketika musim hujan tiba, maka matahari pun semakin sedikit dalam menyinari bumi karena terhalang oleh mendung beberapa waktu. Akibat cuaca tersebut biasanya membuat beberapa orang gampang lesu dan lelah, lemah, atau ingin tidur karena mengantuk. Solusinya tentu dengan beristirahat yang cukup sembari membiasakan pola hidup sehat.

  • Tubuh menggigil karena kedinginan disertai nyeri

Gejala awal terserang influenza adalah kondisi tubuh yang kedinginan hingga menggigil. Tak cuma itu, biasanya penderita akan merasakan nyeri seperti sakit kepala atau nyeri di bagian kaki.

  • Batuk berdahak atau berlendir

Batuk juga menjadi tanda awal terserang flu. Biasanya batuk tersebut juga disertai dengan rasa sesak di dada. Sebagai saran, untuk penderita sebaiknya mengenakan masker ketika sedang flu dan batuk untuk mencegah penularan.

  • Sakit tenggorokan

Terkadang tenggorokan pun akan turut merasakan sakit dengan adanya rasa gatal karena iritasi pada tahap awal flu. Maka dari itu, jika terjadi sakit tenggorokan disarankan untuk meminum the hangat atau minuman hangat yang sehat lainnya guna meredakan sakit tenggorokan karena influenza.

  • Demam

Demam merupakan kondisi dimana tubuh sedang melakukan perlawanan dengan infeksi akibat virus flu. Umumnya, demam dapat mencapai 38 derajat Celcius, bahkan bisa lebih dari itu.


Tak jarang pula bila gejala awal terserang flu malah bisa makin buruk. Hasilnya ada beberapa gejala yang membutuhkan perawatan medis seperti susah bernafas, dehidrasi berat, nyeri dada, demam yang terlalu tinggi dan kulit membiru. Nah, jika penderita telah merasakan beberapa gejala atau tanda awal penyakit flu alias influenza tersebut sebaiknya segera berobat supaya segera sembuh! 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D