Cara Alami Mengatasi Perut Kembung dan Mual pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami

Perut Kembung adalah dimana perut terasa penuh angin dengan rasa yang tidak nyaman serta berakibat pada hilangnya nafsu makan. Kondisi perut kembung memang bisa hilang dengan sendirinya dengan cara bersendawa atau buang gas. Namun kondisi seperti ini tidak dapat didiamkan begitu saja karena dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang yang tak terduga sebelumnya.

Cara Alami Mengatasi Perut Kembung dan Mual

Untuk itu di sini kami hadir dengan memberikan tips alami menghilangkan perut kembung.

Cara alami mengatasi perut kembung dan mual pada orang dewasa

Image Source: pixabay.com

1.      Mengonsumsi Air Putih

Saat tubuh kekurangan cairan atau yang biasa disebut dengan dehidrasi akan menyebabkan tubuh menahan diri dan menyebabkan perut terasa kembung, untuk itu cukupilah asupan air dengan mengonsumsi air putih 6 hingga 8 gelas setiap harinya.

2.      Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan yang mengandung serat terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Serat merupakan kandungan makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh secara lancar dan akan mencegah terjadinya perut kembung dan sembelit.

3.      Menghindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah minuman yang digemari oleh semua kalangan. Tetapi minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan karbonasi yang memiliki banyak gas, gas tersebut akan terjerat di dalam lambung yang akan menyebabkan sendawa terus-menerus. Minuman bersoda justru akan memperburuk kondisi perut yang terasa kembung.

4.      Menjauhi Makanan Yang Mengandung Banyak Garam

Mengonsumsi makanan yang terlalu asin akibat banyak garam akan menyebabkan perut semakin terasa kembung. Garam tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan jantung, karena garam memiliki sifat yang mengikat air hal ini akan membuat perut semakin terasa kembung.

5.      Makan Secara Perlahan

Kebiasaan yang dapat memicu terjadinya rasa kembung di perut dikarenakan makan makanan secara tergesa-gesa. Hal itu akan menyebabkan perut terasa kembung karena terlalu banyak hawa atau angin yang masuk saat kita menyuapkan makanan ke dalam mulut. Lakukan kebiasaan makan Anda secara perlahan untuk menghindari perut kembung.


Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung. Semoga artikel cara mengobati perut kembung ini membantu!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D