Bahaya Mengkonsumsi Kafein Berlebihan bagi Kesehatan Wanita / Ibu Hamil

Bahaya & Efek Samping / Dampak Buruk Mengkonsumsi Kafein bagi Wanita

Kafein biasanya lebih banyak dikenal berasal dari minuman kopi atau soda. Padahal kafein bisa secara alami berasal dari berbagai macam bahan makanan dan minuman tertentu yang apabila dikonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan, terutama wanita. Makanan dan minuman berkafein tersebut contohnya kopi, kakao, daun teh, kacang, biji – bijian dan buah –buahan. Dari semua makanan dan minuman tersebut memiliki tingkat kafein yang berbeda – beda, tergantung dari proses pengolahan dan produk apa yang dihasilkan.


Bahaya Konsumsi Kafein Berlebihan bagi Kesuburan Wanita / Ibu Hamil pada Masa Kehamilan


Bahaya mengkonsumsi kafein berlebihan bagi kesehatan wanita
Image Source: pixabay.com
  • Mengganggu Kesuburan
Apabila sedang merencanakan kehamilan atau sedang memasuki awal kehamilan perhatikan selalu konsumsi kafein yang berlebih. Sebab mengkonsumsi jumlah kafein yang terlampau banyak dapat mengakibatkan gangguan pada kesuburan dan awal masa kehamilan. Namun, apabila mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang wajar tidak akan mengganggu kesuburan wanita atau pembuahan wanita.


  • Hindari Kafein Selama Kehamilan
Meskipun tidak ada kaitannya dengan mengkonsumsi kafein dengan bayi cacat lahir, keguguran, atau lahir prematur, namun apabila mengkonsumsi kafein disertai dengan merokok atau minum minuman beralkohol hal tersebut mungkin saja dapat terjadi. Bagi yang suka mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein, sebaiknya untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsinya dan perbanyak mengkonsumsi air mineral atau minuman lain selain minuman berkafein, sebab kafein mempunyai efek diuretik.


  • Menyebabkan Osteoporosis
Asupan kafein yang berlebih banyak dikaitkan dengan proses ekskresi kalsium di dalam urine tidak diserap oleh tubuh yang berguna untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Namun, dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium, vitamin K dan vitamin D akan membuat tulang menjadi sehat dan terhindar dari penyakit osteoporosis.


  • Mengakibatkan Penyakit Jantung
Sudah banyak studi yang membuktikan mengkonsumsi kafein baik sedang atau berlebih setiap harinya dapat mengakibatkan penyakit jantung. Sebab, kafein akan membuat hipertensi dan jantung berdetak tidak teratur. Kafein juga menjadi salah satu penyebab insomnia atau sulit tidur. Jadi, hindari konsumsi kafein bagi wanita hamil karena dapat mengakibatkan insomnia yang dapat menyita waktu tidur dan dapat membahayakan kesehatan ibu dan si buah hati yang dikandung.


  • Kafein dengan Kanker Payudara
Mengkonsumsi kafein, baik dalam jumlah sedang atau berlebih belum ada bukti ilmiah yang menunjukan keterkaitan antara mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan kanker payudara atau jenis penyakit berbahaya lainnya.

Nah, itulah tadi efek samping terlalu banyak mengkonsumsi kafein bagi kesehatan wanita. Jadi, walaupun mengkonsumsi kafein tidak dapat menimbulkan efek samping yang signifikan, tetapi tetap hindari mengkonsumsi kafein berlebih setiap harinya. Sebab, apapun yang berlebihan itu tidak akan baik bagi kesehatan atau diri sendiri. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D