7 Bahaya Menggunakan Smartphone bagi Kesehatan

Bahaya Penggunaan / Memakai Smartphone bagi Kesehatan


Semakin majunya era globalisasi seperti sekarang ini, setiap harinya tidak pernah lepas dengan teknologi yang tidak disadari dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan tubuh, salah satunya karena radiasi dari smartphone. 


Setiap orang pasti memiliki smartphone yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari – hari. Apalagi sekarang sudah semakin canggih aplikasi dan fitur – fitur di dalamnya yang dapat mempermudah kegiatan dan aktivitas sehari – hari. Namun, dibalik kecanggihan itu semua pastinya ada efek negatif terhadap tubuh, salah satunya terhadap masalah kesehatan. 


Bahaya & Dampak Buruk Menggunakan Smartphone / Gadget bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah 7 efek negatif penggunaan smartphone bagi kesehatan tubuh !


Bahaya Menggunakan Smartphone bagi Kesehatan



1. Mengakibatkan Stress


Stress dapat terjadi dan disebabkan oleh penggunaan gadget. Menurut sebuah penelitian, stress dapat terjadi secara tanpa kita sadari pada saat bersentuhan langsung dengan gadget yang dimiliki. Secara otomatis, dapat terlibat dalam sebuah jejaring sosial yang tidak mengijinkan untuk beristirahat, sehingga timbullah rasa stress. 


2. Mengakibatkan Kecelakaan


Pada saat berjalan atau sedang berkendara, kebanyakan orang tidak dapat melepaskan smartphone dari genggaman. Nah, perilaku buruk ini dapat menurunkan konsentrasi, sehingga sering terjadi kecelakaan di jalan raya yang diakibatkan pengendara yang mengoperasikan smartphone  saat berkendara. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan smartphone saat berkendara atau saat berjalan yang dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan fokus.


3. Timbulnya Jerawat 


Smartphone yang setiap hari digunakan tanpa disadari selalu terkena bakteri dan menutupi bagian – bagian smartphone, apalagi dilengkapi dengan layar lebar. Saat digunakan untuk berkomunikasi lewat telepon, otomatis akan menempelkan pada wajah, sehingga bakteri masuk lewat pori – pori dan dapat menimbulkan jerawat. Untuk itu, sebaiknya saat bertelepon gunakan headset atau speakerphone. 


4. Sakit Mata dan Kepala 


Seringnya menatap layar smartphone dengan resolusi yang tajam dapat mengakibatkan mata silau dan kabur, akhirnya kepala menjadi pusing. Selain itu, bagi yang sudah memiliki kelainan mata minus, sebaiknya jangan terlalu lama mengoperasikan smartphone atau sejenisnya yang dimiliki terlalu lama karena dapat menambah nilai minus pada mata. 


5. Mengakibatkan Rusaknya Organ Dalam Tubuh


Radiasi  yang memancar dari gadget dapat mengakibatkan rusaknya sel jaringan dan organ dalam tubuh. Sehingga, alangkah baiknya matikan gadget sebelum tidur dan jauhkan dari tempat tidur. 


6. Menurunnya Produksi Sperma


Selain dapat mengakibatkan rusaknya sel dan organ tubuh, radiasi dari smartphone dan sejenisnya dapat mengakibatkan menurunnya jumlah produksi sperma. Apalagi dimasukkan ke dalam saku celana depan dan dengan suhu smartphone yang panas setelah dioperasikan berdekatan dengan organ vital.


7. Insomnia 


Sulit tidur atau insomnia dapat dikarenakan oleh sinar radiasi dari gadget yang dimiliki. Sinar radiasi tersebut mengganggu kerja hormon melatonin yang mengakibatkan kesulitan untuk tidur. Jadi, sebaiknya matikan dan jauhkan gadget dari tempat tidur atau meja yang tidak dapat terjangkau. 



Jadi, teknologi diciptakan hanya untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan, bukan untuk mendominasi kehidupan. Selain itu, setiap hal baik itu teknologi pasti memiliki dampak positif dan dampak negatif, so tinggal bagaimana seseorang untuk memanfaatkan dampak positif tersebut dengan sebaik – baiknya dan mengatasi dampak negatif tersebut secara bijak.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D